Kenali Empat Fakta Penyebab Rambut Rontok Ini!
Sumber: (Ilustrasi: Lintasme)

Serba-Serbi Sehat / 4 September 2013

Kalangan Sendiri

Kenali Empat Fakta Penyebab Rambut Rontok Ini!

Lori Official Writer
4994

Umumnya, rambut rontok dapat dialami baik wanita maupun pria. Masalah yang acap menimbulkan stres bagi wanita ini terjadi disaat keramas, mengeringkan rambut dan sisiran.

Francesca Fusco, MD, seorang dokter kulit di New York City berkata, “Rata-rata kita kehilangan lima puluh sampai seratus rambut sehari. Rambut akan mengikuti siklusnya, dan kemudian akan tumbuh kembali rambut baru sebagai pengganti”. Namun, masalahnya adalah rambut rontok dapat berdampak pada kerontokan yang parah hingga menimbulkan kebotakan.

Berikut lima penyebab rambut rontok paling umum yang dikutip dari situs Americanhairloss.org:

1. Alopecia Androgenik

Alopecia Androgenik merupakan rambut rontok yang dipengaruhi oleh kondisi genetik yang dapat dialami oleh pria maupun wanita. Kerontokan rambut ini dapat dialami oleh pria sejak usia 20 tahun sedangkan pada wanita di usia 40-an lebih. Bagi wanita hal ini dapat disebabkan oleh hormon, kadar androgen dalam pil KB, kehamilan dan menopause.

2. Telogen Effluvium

Kondisi ini ditandai dengan rambut yang menipis di atas kulit kepala akibat perubahan siklus pertumbuhan rambut. Kerontokan rambut ini merupakan fase yang dialami oleh seseorang saat melahirkan, kurang gizi, operasi besar atau pada masa-masa stres. Hal ini dapat terjadi selama 6 minggu sampai 3 bulan, dengan jumlah rambut rontok yang cukup banyak.

3. Anagen effluvium

Masalah rambut rontok yangs satu ini biasanya dialami oleh seseorang yang menjalani proses kemoterapi. Kerontokan rambut ini terjadi setelah 1 atau 3 minggu setelah kemoterapi hingga kemungkinan akan mengalami kerontokan yang parah pada bulan pertama dan kedua. Namun setelah  kemoterapi selesai rambut akan kembali tumbuh.

4. Traction alopecia

Rambut dapat rontok akibat kebiasaan yang salah yang acap kali dilakukan. Dalam hal ini, rambut mengalami trauma pada area tertentu yang dapat disebabkan oleh kebiasaan mengikat dan mengepang rambut terlalu ketat, mengikat rambut saat basah serta penataan rambut yang terlalu sering.

Rambut sangat mempengaruhi penampilan baik bagi pria maupun wanita, sehingga kerontokan rambut dapat menjadi bencana. Bila kerontokan sudah semakin parah segera berkonsultasi dengan dokter terpercaya Anda atau hentikan kebiasaan Anda yang tidak baik bagi kesehatan rambut Anda. Namun tetap ingat bahwa rambut akan terus mengikuti siklusnya dengan terus menerus tumbuh menggantikan rambut yang rontok.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Nutrisi Rahasia Untuk Hindarkan Rambut Rontok

Kurang Gizi Sebabkan Rambut Rontok

Makanan yang Dapat Membunuh Rambut Rontok

Nutrisi Rahasia Untuk Hindarkan Rambut Rontok

Kenali Penyebab Kebotakan Pada Pria

Melayani Tuhan Dari Berbagai Penjuru Dunia

Sumber : Americahairloss.com | Jawaban.com| Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami