Wamendikbud : Namanya Juga Manusia

Wamendikbud : Namanya Juga Manusia

Budhi Marpaung Official Writer
3191

Wakil Menteri Pendidikan Kebudayaan, Musliar Kasim, mengakui bahwa buku Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk kelas VII yang didalamnya ditemukan kata-kata kotor dan hujatan, memang dicetak oleh Kemendikbud dalam hal ini badan bahasa. Namun begitu, ia menganggap telah terjadi kekeliruan pada saat pencetakan sebelumnya.

“Namanya juga manusia. Saya kira kekeliruan,” ujar Musliar di Sabuga, Kota Bandung, Selasa (3/9).

Musliar pun secara tegas mengatakan bahwa guru atau orangtua siswa diizinkan merobek bagian yang memuat kata-kata tidak pantas itu. Sebab kalaupun disobek, hal itu tidak berpengaruh pada materi pengajaran guru ke siswa.

"Dibuang pun enggak apa-apa,” ucap Musliar.

Supaya tidak membuat keadaan menjadi semakin kacau, Musliar menyatakan bakal segera menarik buku Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk kelas VII SMP.

Untuk diketahui, beberapa hari lalu sejumlah guru dari beberapa sekolah menengah pertama di Madiun Jawa Timur menyatakan menolak mengajarkan bagian dari buku pelajaran bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk kelas VII. Salah satu alasan mereka berbuat tersebut karena kalimat yang dituliskan disana tidak pantas dibaca anak tingkat SMP.

”Seharusnya kata-kata kotor tersebut diganti dengan kata lain yang lebih sopan dan tetap mengacu pada Bahasa Indonesia yang benar,” jelas Masrub, Kepala SMPN 1 Madiun sebagaimana dilansir oleh okezone, Selasa (3/9).

Kemendikbud seharusnya sudah bisa belajar dari pengalaman karena sesungguhnya ini bukanlah kali pertama buku pelajaran membawa masalah. Tanpa bermaksud berburuk sangka, tetapi perlu ditanyakan seperti apakah pengawasan yang dilakukan di kementerian pendidikan Indonesia? Jika memang ketat, mengapa kejadian-kejadian serupa masih bisa terjadi? Jawablah hal ini dengan jujur karena saat kita jujur maka perubahan pasti terlihat.  


Baca juga :

Mendikbud M Nuh Larang Adanya Tes Keperawanan

Dapatkan Tiket Masuk GRATIS Acara Launching Superbook DISINI !

Antonie, Kisah Seorang Martir Tana Toraja  

10 Cara Praktis Mencegah Kanker Serviks

Robert Gilmour LeTourneau, Pengusaha yang Cinta Tuhan

Make A Move, Lagu Rohani Dari Royal Tailor yang Sungguh Menyenangkan

Kisah Nyata Mukti Si Germo Cilik

Sumber : okezone.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami