Karyawan Tapi Punya Jiwa Bisnis? Ini Job Side yang Dapat Anda Geluti
Sumber: Kompas.com

Career / 3 September 2013

Kalangan Sendiri

Karyawan Tapi Punya Jiwa Bisnis? Ini Job Side yang Dapat Anda Geluti

Lori Official Writer
9586

Seorang pakar karir bernama Rhenald Kasali mengatakan bahwa seorang karyawan yang juga memiliki bisnis sampingan atau job side sebaiknya tetap harus bijak dalam mengatur waktu. Karyawan yang menghabiskan waktu seharian penuh di kantor tentunya tidak akan dapat membagi waktu dengan bisnis yang sangat membutuhkan waktu penuh.

Dengan itu, Rhenald Kasali mengatakan agar memilih bisnis yang tepat. Bila Anda benar-benar memiliki bakat dan kemampuan dalam bisnis, maka cobalah beberapa bisnis yang menjanjikan ini sebagai karir baik bagi masa depan Anda.

1. Maksimalkan bakat dan kreatifitas desain pakaian

Tak ada salahnya bila Anda memanfaatkan keahlian Anda dalam mendesain pakaian. Usaha ini hanya butuh modal kecil, selainnya adalah niat dan ketekunan. Bila ingin menghemat biaya, cobalah desain kembali pakaian bekas yang ada dilemari Anda dan jadikan menjadi pakaian yang tampak baru dan unik. Setelah itu, Anda bisa menjualnya baik via online atau membangun sebuah garage sale kecil. Anda dapat manfaatkan rekan kerja sebagai pelanggan. Sederhana bukan?

2. Jadikan hobi sebagai peluang usaha yang menjanjikan

Untuk yang satu ini, Anda dapat mengkomersilkan hobi Anda. Bisnis ini tergolong kecil-kecilan, namun siapa tahu kelak akan jadi besar. Ini saran bisnis bagi Anda seperti bisnis kue, membuat aksesories dan membuat pernak-pernik. Bila Anda memiliki hobi pada salah satunya, maka manfaatkan hal itu sebagai job side yang Anda idamkan.

3. Bentuk tim untuk membuka sebuah Event Organizer (EO)

Bagi Anda pegawai yang masih sangat muda, memiliki bakat dalam bidang entertainment (penyanyi dan perancang acara) kenapa tidak bila Anda bersama dengan sejumlah teman lainnya membuka usaha ini. Mulailah dari hal sederhana seperti menawarkan diri kepada rekan kantor yang akan menikah atau mengadakan acara agar Anda mengambil alih hal tersebut. Buat situs resmi Anda atau tawarkan lewat media sosial bilamana ada pihak yang membutuhkan tenaga Anda. Asyik bukan?

4. Daftarkan diri Anda sebagai anggota bisnis

Maraknya bisnis online saat ini seharusnya menjadi kesempatan emas bagi Anda. Banyak karyawan yang akhirnya sukses lewat profesi ini, dimulai sebagai anggota hingga bahkan sampai menjadi manager. Jenis bisnis online yang cukup digandrungi saat ini seperti fashion (pakaian, kosmetik dan tas) dan kesehatan. Untuk Anda ketahui, bisnis ini dapat menghantarkan Anda menjadi seperti Amazon.com, Lazada.com, eBay Indonesia, dan sebagainya.
Untuk menjalankan seluruh bisnis ini, Anda tak perlu mengorbankan status Anda sebagai karyawan sebab Anda hanya dituntut memiliki kreatifitas, niat, ketekunan dan komunikasi yang baik untuk menjalin relasi dengan pelanggan yang menjadi sasaran Anda. Mulailah dari hal yang sederhana dan gigih, alhasil segala pekerjaan tanganmu akan diberkati.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Serunya Karyawan Berdagang Sambilan di Kantor

Strategi-strategi Selamatkan Usaha Anda dari Ancaman Krisis

Krisis Keuangan? Jangan Takut Berinvestasi! (1)

Mau Menikah? Ini Tips Mengatur Keuangan Bagi Pasangan Baru

Tips Sukses Berbisnis Kuliner Ramadhan

Pilih Mana, Sukses Atau Bahagia?

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami