Perlunya Dana Cadangan di Masa Krisis
Sumber: SHUTTERSTOCK

Career / 27 August 2013

Kalangan Sendiri

Perlunya Dana Cadangan di Masa Krisis

Lori Official Writer
4517

Di masa inflasi yang sudah mulai terasa ini, Anda sangat disarankan untuk menyudahi kebiasaan konsumtif yang kerap berakibat pada beban hidup dimasa sulit. Bila selama ini keuangan tidak dikelola dengan baik, kini saatnya Anda menerapkan pengaturan, pengelolaan, perencanaan dan kedisiplinan diri yang juga tak kalah penting demi menghindarkan Anda dari kesulitan disaat Anda tidak lagi punya apa-apa.

Menabung dapat Anda jadikan sebagai bagian dari managemen keuangan yang baik, sebab pakar perencana keuangan acap kali menegaskan agar Anda memiliki dana cadangan minimal tiga bulan dari penghasilan. Idealnya, bagi Anda yang bekerja, rekening di bank Anda sudah terisi sejumlah uang yang dapat mencukupi kebutuhan Anda selama tiga bulan bila suatu hal terjadi dan menghentikan penghasilan Anda. Berikut jenis tabungan yang dapat menyelamatkan Anda di saat masa-masa krisis melanda.

Tabungan yang disisihkan dari penghasilan bulanan. Bila managemen diri sudah baik maka tumbuhkan tekat untuk rajin menabung setiap bulannya. Sisihkan sebagian dari pengeluaran kebutuhan Anda sebagai tabungan. Artinya bahwa Anda dituntut untuk menjadi pribadi yang tidak konsumtif.

Tabungan yang bertujuan untuk dana darurat. Untuk ini Anda perlu berkomitmen dengan diri Anda sendiri untuk paling tidak menyisihkan 10 persen dari gaji bulanan. Bila Anda melakukannya dengan disiplin, maka yakinlah tabungan ini akan menjadi sumber penyelamat disaat Anda benar-benar membutuhkan, misalnya ketika Anda tidak lagi bekerja, jatuh sakit atau untuk hal-hal yang mendesak.

Tabungan untuk untuk tujuan di masa tua atau pensiun. Masa pensiun merupakan masa dimana keuangan akan menurun secara drastis. Bila Anda sudah mengetahui bahwa hal itu akan terjadi kepada Anda, maka mulailah untuk menyisihkan dana khusus untuk masa tua. Menabung hanya membutuhkan komitmen kuat, sehingga bila Anda tidak ingin berada diambang pintu krisis yang diperhadapkan dengan kondisi yang sulit, maka Anda tidak akan merasa terdesak atau terbebani karena Anda sudah merencanakan simpanan dalam berbagai bentuk tabungan dimasa Anda tidak lagi produktif Anda.

Menabung merupakan sumber cadangan dana sebagai persiapan diri untuk menghadapi masa-masa krisis dan darurat yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Maka mulailah dari hal yang sederhana yang dibarengi dengan kedisiplinan diri.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Merdeka dari Kebangkrutan

Rencanakan Keuangan Di Keluarga Kecil Anda

Tips Bebas Finansial di Usia Muda (2)

Minimalkan Resiko Dalam Forex Trading

Cynthia Kase, Sukses Jadi Konsultan Investasi dari Nol

Ini Rahasia Untuk Tetap Awet Muda Dan Diberkati

Sumber : Kompas.com | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami