Musik dan Tawa Efektif Obati Depresi

Psikologi / 24 August 2013

Kalangan Sendiri

Musik dan Tawa Efektif Obati Depresi

daniel.tanamal Official Writer
5001

Sebuah panti jompo di Randwick, Australia mengembangkan sebuah terapi unik dengan menggunakan kombinasi antara musik dan tawa untuk mengurangi sifat agresi dan juga depresi bagi para pasiennya yang menderita demensia.

"Kami pernah memiliki penghuni panti yang obat-obatan psikotropiknya dikurangi dosisnya, bahkan dihentikan, setelah melakukan terapi ini. Pada staf juga terlihat hasil yang positif dalam motvitasi," kata Barry Cowling, manajer operasi Summit Care, panti jompo di Randwic.

Terapi yang berdurasi selama dua jam setiap minggu ini berisi antara lain menyanyikan lagu atau cerita-cerita yang terkait dengan kehidupan para penghuni panti. Terkadang mereka juga bergembira menikmati lagu-lagu ceria dari piano atau menertawakan lelucon.

Efek ini sama dengan pemberian risperidone, obat yang digunakan untuk mengurangi agresi dan agitasi di antara pasien demensia. Terapi humor juga mengurangi efek samping pengobatan, misalnya stroke.

Pasien di tempat tersebut mengikuti riset selama 3 tahun. Riset ini berupa kunjungan rutin badut dan para staf terlatih yang memberikan terapi humor. Hasilnya terapi ini mengurangi sikap memberontak (agitasi) pada 180 pasien di 17 panti, dibandingkan grup kontrol yang tidak memperoleh terapi.

 

 


Sumber : KompasHealth
Halaman :
1

Ikuti Kami