JOBS, Menghidupkan Kembali Legenda Tehnologi Steve Jobs
Sumber: google

Film Review / 21 August 2013

Kalangan Sendiri

JOBS, Menghidupkan Kembali Legenda Tehnologi Steve Jobs

Puji Astuti Official Writer
5763

JOBS menjadi salah satu film yang ditunggu di tahun ini, film ini diangkat dari kisah hidup pendiri perusahaan Apple Steve Jobs, seorang inovator yang melegenda dibidang tehnologi. Kisah JOBS mengambil kerangka waktu antara 1971 hingga 2001, mencoba menggambarkan masa kelam hingga masa keemasan Steve.

Di tahun 1970an, Steve adalah seorang mahasiswa yang dropout mencoba membangun hidupnya. Pencarian arti hidup membawa Steve pada obat bius dan petualangan seks. Hingga ia bertemu teman masa kecilnya, Steve Wozniak (Woz) yang memperlihatkan kepadanya board kamputer hasil karya Woz sendiri. Saat itu Steve langsung tahu bahwa karya temannya itu memiliki potensi untuk sukses. Bersama Woz, akhirnya Steve membentuk tim kecil membuat board komputer itu dan menjualnya. Mereka menyebut perusahaan kecil itu "Apple", dan akhirnya mendapat investor yang mau menanamkan modal di perusahaan itu.

Di tahun 1977, Apple meluncurkan Apple II dan tak disangka sukses besar. Steve menghasilkan jutaan dolar melalui inovasinya, namun ia menghadapi masalah baru dari anggota dewan yang melihatnya sebagai beban perusahaan, terlebih sifat Steve yang keras dianggap sangat mengganggu. Akhirnya ia ditendang dari perusahaan yang didirikannya sendiri. Marah karena kurangnya visi para anggota dewan, Steve kemudian mendirikan perusahaan baru yang ia namai NeXT. Namun setelah kepergian Steve, Apple mulai terseok-seok, hingga akhirnya mereka meminta Steve untuk kembali, kali ini sebagai CEO interim.

Film JOBS ini memperlihatkan bagaimana Steve terobsesi dengan pekerjaannya dan hasratnya menghasilkan produk yang inovatif. Namun karena gila kerja, selama bertahun-tahun ia kehilangan waktu dengan keluarga dan teman-temannya. Jadi film ini memperlihatkan dampak buruk seseorang yang gila kerja. Selain itu, film ini juga menggambarkan rasa terluka yang Steve alami sebagai seorang anak yang ditolak oleh orangtua biologisnya hingga akhirnya ia diadopsi.

Beberapa hal yang patut diwaspadai saat menonton film ini adalah cara pandang new age, walau dalam kehidupan nyatanya, Steve merupakan penganut Budha. Selain itu juga kata-kata kasar kerap muncul, penggunaan obat bius dan adegan seks secara implisit. Hal ini memperlihatkan bahwa sekalipun Steve Jobs menjadi inpirasi bagi banyak orang, namun ia bukanlah orang yang sempurna. Pada satu sisi, secara karir ia sukses, namun pada sisi kehidupan pribadi, hubungan dengan keluarga dan teman, ia banyak mengalami kegagalan.

Title : JOBS
Starring: Ashton Kutcher, Dermot Mulroney, Josh Gad, Lukas Haas, Matthew Modine, J.K. Simmons, Lesley Ann Warren, Ron Eldard, Ahna O’Reilly, Victor Rasuk, John Getz, Kevin Dunn, James Woods, Nelson Franklin, Eddie Hassel
Genre: Drama, Biopic
Audience: Older teenagers and adults
Rating: PG-13
Runtime: 127 minutes
Distributor: Open Road Films
Director: Joshua Michael Stern
Executive Producer: Arthur Benjamin, Ronal Bulard, Sheri Deterling, Douglas Hansen, Mark Hulme, Bill Johnson, Melina McKinnon, Jacob Pechenik, Marcos Rodriguez, Jim Seibel, James Stern, David Traub
Producer: Mark Hulme
Writer: Matt Whiteley

Baca juga artikel lainnya :

Biografi Steve Jobs di Wikipedia Dibuat Film

Steve Jobs Hadir Dalam Manga Jepang

Kecanduan Pornografi, Pria Ini Gugat Apple

MacBook Air Haswell Kuat 12 Jam!

Mendikbud M Nuh Larang Adanya Tes Keperawanan

Kumpulan Renungan Profesional Bisnis Google, Microsoft, Coca-Cola dll

<iframe width="560" height="315" src="//www.youtube.com/embed/uAV-VDWU6i0" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>

Sumber : Movieguide.org | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami