Sering Mati Lampu, Moser Ciptakan Lampu Tanpa Listrik
Sumber: reuters

Nasional / 18 August 2013

Kalangan Sendiri

Sering Mati Lampu, Moser Ciptakan Lampu Tanpa Listrik

Lois Official Writer
13510

Alfredo Moser, seorang mekanik Brasil, berhasil menciptakan penerangan dalam ruang gelap tanpa listrik. Uniknya, dia bisa membuat penerangan itu dari alat-alat sederhana seperti botol bekas kemasan air mineral yang diisi air dan pemutih khusus. Darimana sumber cahaya berasal?

Moser memanfaatkan sinar matahari yang menyinari botol sepanjang hari. Untuk itu, bagian atas botol dipasang menjulang di atas genteng dengan perekat khusus sehingga tetap menjulang di atas genteng. Moser mengklaim penerangan dari botol bekas itu setara dengan bohlam berdaya 40 – 60 watt. Material pemutih mensterilkan air dari organisme yang berkembang pada air sehingga air benar-benar murni.

Ide penerangan sederhana ini muncul saat sering terjadi pemadaman listrik di Brasil pada 2002 silam. Lampu buatannya ini bahkan banyak digunakan di berbagai negara berkembang seperti di 140 ribu rumah di Filipina ataupun 15 negara lain termasuk Argentina, India, dan Fiji. Meski begitu, Moser mengaku tidak langsung mendapatkan uang berlimpah. Dia hanya mendapat beberapa dolar saja. Tapi dia mengaku tetap bahagia, karena temuannya bisa membantu orang berhemat.

“Ini adalah cahaya hebat. Tuhan memberi matahari dan cahaya untuk semua orang. Siapapun ingin menghemat uang. Anda tidak mendapat aliran listrik dan tidak dikenai biaya sepeserpun,” jelas Moser. Temuannya ini diapresiasi Illac Diaz Angelo, Direktur Eksekutif Yayasan MyShelter Filipina, yang menyatakan bahwa tahun ini lampu buatan Moser bisa dipakai lebih dari satu juta orang.

Seringkali kita diperhadapkan dengan masalah pelik. Namun, Tuhan selalu memberikan pengertian kepada kita sehingga kita pun dapat mengatasi masalah itu malah melampauinya.

 

Baca juga :

Resep Kukis Bendera Merah Putih

Manusia Lama dan Manusia Baru

Cara Merawat Kembar dengan Asyik

Tips Mengasah Otak Tetap Prima

6 Langkah Merdekakan Diri Dari Label "Pegawai"

Tuhan Menolongku Melunasi Biaya Kuliah

Sumber : viva.co.id by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami