Cara Merawat Kembar dengan Asyik
Sumber: pinterest.com

Parenting / 13 August 2013

Kalangan Sendiri

Cara Merawat Kembar dengan Asyik

Lois Official Writer
4680

Memang harus diakui, mengurus bayi kembar, tidak hanya kembar dua tapi juga mungkin malah tiga atau empat atau malah lima memang tidak akan sama seperti mengurus satu bayi. Selain biaya yang dikeluarkan harus berkali lipat, kebutuhan lain bayi kembar ini juga perlu diperhatikan. Jika ada trik khusus ini, maka tidak perlu kuatir mengurus anak kembar.

Komitmen

Anda berdua sebaiknya memulai komitmen untuk berbagi tugas. Untuk memudahkan Anda dalam merawat si kembar, lakukanlah secara bergantian. Jika perlu, pertimbangkan pula keterlibatan pihak ketiga, misalnya orangtua, baby sitter, atau pembantu yang bisa membantu Anda. Apalagi jika Anda memiliki kembar lebih dari dua.

Memenuhi Kebutuhan Fisik

Jangan ragu untuk menerima lungsuran perlengkapan bayi bekas selama masih layak. Selain itu, rajin mengamati promosi popok atau kebutuhan fisik lainnya.

Siapkan Masa Depan Mereka

Gunakan uang sebijak mungkin, mulailah menabung sedini mungkin untuk masa pendidikan mereka ke depan agar biaya yang harus ditanggung jangan dibebankan saat itu juga. Lakukan survei mengenai lingkungan pendidikan yang baik bagi mereka.

Memahami Karakter Masing-Masing Bayi

Dilakukan sedini mungkin, semenjak mereka masih bayi untuk lebih memudahkan interaksi ketika mereka remaja dan dewasa kelak. Anak kembar memiliki dunianya sendiri yang terkadang tak dapat dipahami pihak lain sekalipun masih keluarga. Namun, masih ada celah untuk menembus dunia mereka. Jadikan salah satu sebagai pintu masuknya, maka akan menembus dunia kembar mereka, seperti cerita beberapa orang yang dilansir tribunnews.com

Tak Harus Sama

Idealnya, si kembar memang diperlakukan secara bersamaan. Namun, tak ada salahnya jika Anda memperlakukan mereka secara bergantian. Soalnya, Anda bisa kerepotan jika tidak ada yang membantu. Selain itu, secara psikologis, ada untungnya bayi memiliki kegiatan pribadi sendiri-sendiri. Mereka menjadi mandiri, karena tidak harus bersama-sama.

Kunci dari keberhasilan merawat si kembar adalah bagaimana kita jitu mengatur waktu, jangan sampai kerepotan. Jika orangtua dapat menyesuaikan diri dan mahir merawat si kembar, maka tidak akan ada bedanya dengan merawat satu bayi.

Sumber : ayahbunda.co.id-tribunnews.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami