Profil Liliyana Natsir, Legenda Hidup Bulutangkis Indonesia Asal Manado
Sumber: metrotvnews.com

Nasional / 13 August 2013

Kalangan Sendiri

Profil Liliyana Natsir, Legenda Hidup Bulutangkis Indonesia Asal Manado

Budhi Marpaung Official Writer
24235

Titel juara dunia 2013 yang direngkuh di Guangzhou, China, dua hari lalu adalah pencapaian yang terbilang istimewa bagi seorang Liliyana Natsir. Bukan hanya karena ia memecahkan rekor atas namanya sendiri, tetapi ia menjadikan dirinya legenda hidup dunia bulutangkis di tanah air.

Selama keikutsertaan di Kejuaraan Dunia, Butet – demikian Liliyana akrab dipanggil- merupakan satu-satunya atlet dari Indonesia yang berhasil menyabet gelar juara dunia sebanyak tiga kali. Dua gelar juara dunia ia raih bersama Nova Widianto yang kini menjadi asisten pelatih, dan satu lagi ia dapatkan bersama rekan barunya saat ini, Tontowi Ahmad.

Sebelum masuk ke pelatnas, wanita berusia 27 tahun asal Manado ini belajar bulutangkis di klub Pisok, Manado, Sulawesi Utara. Beberapa tahun menimba ilmu di kota kelahirannya, Butet pindah ke klub Tangkas, Jakarta tepatnya pada 1997.

Di klub yang kini bernama Tangkas Alfamarta ini, permainan Butet semakin berkembang. Torehan prestasi demi prestasi pun ia buat disana. Tidak heran, sejak 2002 ia dipanggil dan masuk ke Cipayung – lokasi pelatnas bulutangkis.

Di pelatnas, Liliyana tak berhenti menorehkan tinta manis pribadi. Diawali bermain di sektor ganda putri bersama Eny Erlangga dan Vita Marissa, pelatih Richard Mainaky kemudian menawarinya berlaga di sektor ganda campuran. Tawaran itu pun diterima dan maka sejak 2004 ia bermain di ganda campuran bersama Nova Widianto.  

Berpasangan dengan Kedeng, Liliyana mampu meraih sejumlah prestasi gemilang. Salah satu gelar prestisius yang mereka berdua raih adalah medali perak Olimpiade 2008.

Pada 2010, pelatih pelatnas akhirnya memadukan wanita berpostur badan 168 cm ini dengan Tontowi Ahmad. Perlahan tapi pasti, gelar demi gelar mereka bisa sabet. Mulai dari turnamen berstatus grand prix hingga premier seperti Kejuaraan Dunia dan All England, semuanya telah Tontowi/Liliyana rengkuh.

Dengan usia yang masih produktif, pengurus PBSI hingga sekarang masih bergantung besar dengan kehadiran Butet. Entah sampai kapan ia bakal menghuni pelatnas, tetapi yang pasti keberadaannya di tim merah-putih sudah memberi kontribusi positif bukan hanya bagi dunia bulutangkis nasional tetapi juga Indonesia.

 

Biodata singkat Liliyana Natsir :

 

Nama Lengkap : Liliyana Natsir

Panggilan : Butet

Tempat Tanggal Lahir : Manado, 09 September 1985

Nama Ayah : Beno Natsir

Nama Ibu : Olly Maramis

Agama : Katolik

Hobby : Musik

 

Baca juga :

Tontowi dan Liliyana Bakal Absen di SEA Games 2013

Joanna Alexandra Berburu Tips Jadi Pengusaha

Saykoji Tak Masalah Lebaran Tanpa Pembantu di Rumah

Kasih Tuhan, Single Teranyar Maria Shandi yang Sejukkan Hati

Toko Grosir Surga

Forum JC : Suka Jalan-Jalan Outdoor atau Indoor

Sumber : berbagai sumber / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami