Tips Kelola THR dengan Bijak

Entrepreneurship / 9 August 2013

Kalangan Sendiri

Tips Kelola THR dengan Bijak

Yenny Kartika Official Writer
3925

Di hari raya Idul Fitri, umumnya sebagian besar pekerja memperoleh Tunjangan Hari Raya (THR). Meskipun jumlahnya mungkin tak seberapa, kita seringkali beranggapan bahwa THR adalah ‘uang ekstra’ yang berarti bisa kita pakai berbelanja di luar anggaran yang sudah dibuat. Tentu saja anggapan seperti itu membuat kita lebih boros dan tidak cerdas memilih pengeluaran.

Agar tetap bijaksana memakai THR, simak tips berikut ini yang diambil dari My Wealth, Citi Group:

 

#1 Tidak gunakan THR bila kebutuhan masih bisa tercukupi tanpa THR

Jika bahan-bahan untuk merayakan Lebaran dan tiket pulang kampung masih bisa dibeli tanpa menggunakan THR, maka sebaiknya simpan saja THR tersebut. Tak perlu merasa terburu-buru untuk menghabiskan THR, karena di masa depan Anda mungkin lebih membutuhkannya.

 

#2 Jika memang harus menggunakan THR, kelolalah dengan bijak

Apabila harus memakai THR, pengeluarannya harus diatur dengan bijak dan disiplin. Jika dengan 10% dari THR sudah bisa mencukupi kebutuhan Anda, maka tak perlu pakai lebih dari itu. Tak ada salahnya kan, jika THR Anda awet untuk beberapa bulan ke depan?

 

#3 Sisihkan minimal 50 persen THR untuk persiapan hari depan

Dengan ‘uang ekstra’, seharusnya Anda jadi punya persediaan untuk masa depan. Dengan kata lain, jika biasanya pengeluaran Anda sudah pas-pasan, maka dengan adanya THR Anda bisa berinvestasi. Alokasikan investasi ini ke berbagai pos, misalnya 15% untuk emas, 20% untuk reksadana, dan 15% untuk premi asuransi yang tidak ditanggung perusahaan tempat bekerja.

 

Jauh lebih baik lagi jika THR bisa tidak diganggu-gugat, dan Anda tetap memakai anggaran normal seperti biasanya. Siapa tahu, ada kebutuhan lain, selain dari ke-3 tips di atas, yang membutuhkan kontribusi dari THR Anda. Selamat berlibur!

 

BACA JUGA:

Memaafkan di Momen Silaturahmi Lebaran

Jangan Dipasung, Penderita Skizofrenia dapat Disembuhkan

Usaha Penitipan Hewan, Meraup Berkah di Musim Liburan

VIDEO: Jenna Presley, dari Bintang Porno Menjadi Pengikut Kristus

Joanna Alexandra Berburu Tips Jadi Pengusaha

Sumber : Ciputra Entrepreneurship | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami