Berbagai Tradisi Lebaran di Seluruh Dunia
Sumber: google.com

Nasional / 8 August 2013

Kalangan Sendiri

Berbagai Tradisi Lebaran di Seluruh Dunia

Lois Official Writer
4876

Hari ini umat Islam di seluruh dunia merayakan lebaran atau Hari Raya Idul Fitri. Berbagai belahan di dunia memiliki cara tersendiri untuk merayakan Idul Fitri. Malaysia punya perayaan lebaran yang mirip dengan Indonesia, namun bagaimana dengan negara-negara lainnya? Berikut ini beberapa tradisi unik yang dilakukan oleh beberapa negara, baik itu negara Islam ataupun bukan :

Afrika Selatan. Setiap tahun orang-orang akan berkumpul di Green Point, Cape Town untuk menyaksikan datangnya hari terakhir Ramadhan bersama kerabat sambil berbuka puasa. Setelah maghrib, biasanya diumumkan tentang datangnya hari raya Lebaran, mereka pun melaksanakan salad Id yang dilanjutkan dengan berkunjung ke rumah sanak saudara.

Amerika Serikat. Karena yang merayakan lebaran paling banyak merupakan kalangan imigran, maka pakaian yang dikenakan saat lebaran berwarna-warni sesuai dengan negara asalnya. Selesai salat, mereka saling mengucapkan Happy Eid atau Eid Mubarak antar sesama jemaat, kepada para kenalan dekat, dan kaum kerabat.

Arab Saudi. Di Riyadh, Arab Saudi, perayaan Lebaran kental dengan kesenian seperti pagelaran teater, baca puisi, parade, ataupun pertunjukan musik. Masyarakat Arab pun mendekorasi rumahnya agar terlihat meriah dan menarik. Mereka makan daging domba yang dicampur nasi dan sayuran tradisional saat lebaran. Selain Riyadh, tradisi ini juga diterapkan di Sudan, Suriah, dan beberapa negara Timur Tengah lainnya.

Australia. Meskipun negara sekuler, namun Australia memberikan kebebasan kepada masyarakatnya untuk mempraktekkan ajaran agamanya masing-masing. Pada kawasan yang dihuni mayoritas Muslim pun dapat menggunakan jalanan umum untuk melakukan salad Id, perusahaan juga memberikan toleransi kepada karyawan Muslim untuk libur.

China. Lebaran ditetapkan sebagai hari libur di sana dan biasanya dipakai untuk mengunjungi makam leluhur sambil membersihkan dan berdoa. Tradisi doa ini juga dilakukan untuk menghormati ratusan ribu Muslim yang tewas selama Dinasti Qing dan Revolusi Kebudayaan.

Fiji. Meskipun mayoritas masyarakat di negara ini memang non Muslim, namun mereka pun punya tradisi unik, mereka menghidangkan samai, mi manis yang dicampur dengan susu yang disajikan bersama samosas, sejenis kari ayam atau daging. Untuk Salat Id di sana, hanya kaum pria yang boleh datang ke masjid.

India. Pemeluk Islam di India berkumpul di Jama Masjid yang terletak di New Delhi, Ibukota India untuk melakukan salat Id pada hari berlangsungnya lebaran. Mereka juga menyiapkan hidangan yang disebut siwaiyaan pada hari itu yaitu campuran bihun manis dengan buah kering dan susu, dengan aneka bentuk dan warna.

Suriname. Penduduk Suriname merupakan keturunan suku Jawa yang dikirim ke negeri itu sebagai kuli kontrak pada masa penjajahan Belanda. Tapi mereka punya tradisi sendiri untuk menentukan lebaran, yaitu menggunakan prajangka atau penghitungan ala primbon Jawa peninggalan nenek moyang sejak ratusan tahun lalu.

Turki. Lebaran mereka dinamakan Festival Gula atau Seker Bayram dimana mereka saling mengantarkan manisan pada hari itu. Sama seperti di Indonesia, anak-anak di sana juga bersalaman dan sembah sujud pada orangtua yang dibalas ciuman dari orangtua sebagai simbol kasih sayang. Setelah itu, anak-anakpun mendapat hadiah seperti uang koin, permen, ataupun manisan.

Perayaan ini tentu digunakan sebaik-baiknya oleh mereka yang merayakannya. Namun, bagi yang tidak merayakannya pun mempergunakan waktu ini sebagai liburan. Jawaban.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri bagi yang merayakan, semoga Anda diberi hikmat dan kasih Tuhan.

 

Baca juga :

Resep Bolu Kukus Batik, Indonesia Banget

Perkatakan Janji Allah, Mujizat Pasti Terjadi

Saat Proses Pembentukan Tuhan Terjadi Dalam Hidup

Pijatan, Salah Satu Ungkapan Sayang Pada Bayi

Ga Mau Gampang Sakit? Cuci Seprai Secara Teratur

Kista di Rahim, Tidak Menghalangi Mujizat Tuhan

Sumber : tempo.co by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami