Karunia Rohani

Kata Alkitab / 4 August 2013

Kalangan Sendiri

Karunia Rohani

Yenny Kartika Official Writer
12592

Bacaan Alkitab: [kitab]iKori12:18-31[/kitab]


Karunia-karunia rohani (spiritual gifts) bukan untuk semua orang. Karunia rohani hanya diberikan oleh Tuhan kepada setiap orang yang mempercayai dan menerima Tuhan Yesus serta yang tergabung dalam tubuh Kristus. Setiap orang Kristen memiliki paling sedikit 1 karunia rohani supaya dapat berfungsi dalam tubuh Kristus, tetapi banyak orang Kristen yang memiliki lebih dari satu karunia rohani.

Karunia rohani adalah karunia Tuhan kepada setiap orang Kristen yang terlibat dalam pelayanan Tuhan. Karunia rohani tidak sama dengan bakat. Bakat adalah pemberian Tuhan pada waktu kita lahir, tetapi bakat diberikan kepada semua orang, baik orang Kristen maupun bukan. Kita dapat memakai bakat kita untuk kepentingan pribadi maupun untuk pelayanan, tetapi karunia rohani diberikan khusus untuk pelayanan dalam tubuh Kristus. Bila kita tidak masuk dalam pelayanan Tuhan, maka kita tidak akan menemukan karunia rohani kita.

Karunia rohani juga tidak sama dengan buah-buah Roh Kudus. Buah-buah Roh Kudus merupakan syarat utama untuk dapat mempraktekkan karunia rohani dengan efektif. Karunia rohani tanpa buah Roh Kudus adalah sia-sia. Paulus berkata bahwa semua nubuat (karunia rohani) akan berlalu, tetapi kasih (buah Roh Kudus) tidak akan berlalu ([kitab]iKori13:8[/kitab]).

 

Mendapatkan Karunia Rohani

Bagaimana kita menemukan atau mendapatkan karunia rohani?

#1 Menjadi orang Kristen yang benar

Tidak semua orang yang datang ke gereja adalah anggota tubuh Kristus. Ada orang yang datang ke gereja secara tidak teratur, ada pula yang belum lahir baru dan belum menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya. Orang Kristen yang benar yaitu orang yang telah menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya, memiliki hubungan pribadi dengan Yesus, dan memiliki fungsi dalam tubuh Kristus.

 

#2 Melayani Tuhan di dalam tubuh Kristus

Tuhan memberikan karunia rohani bukan untuk kepentingan pribadi kita dimana kita dapat bermegah, melainkan Dia memberikannya untuk melengkapi pelayan-pelayan-Nya guna pembangunan tubuh Kristus.

 

#3 Mempelajari dan mengeksplorasi karunia rohani yang ada dalam Alkitab

Tuhan seringkali memberikan kesempatan kepada kita. Terbukalah pada setiap kesempatan pelayanan yang ada dan bereksperimen dengan karunia-karunia rohani sebanyak mungkin. Temukan, coba, dan jangan takut mempraktekkan karunia itu. Sebagai contoh, kita tidak mungkin mengetahui bahwa kita memiliki karunia kesembuhan apabila kita tidak pernah mendoakan orang sakit.

 

#4 Cari feedback atau konfirmasi dari anggota tubuh Kristus

Tubuh Kristus dapat saling membantu anggotanya untuk menemukan karunia rohani masing-masing. Kita dapat mengevaluasi karunia rohani kita dengan melihat buah-buah dari pelayanan kita. Bila banyak orang menjadi sembuh setelah kita doakan, maka ada kemungkinan kita memiliki karunia kesembuhan. Bila banyak orang merasa dikuatkan dan dibangun oleh perkataan kita, maka ada kemungkinan kita memiliki karunia untuk memberi dorongan.

Sumber : Buku 365 Hari Perjalanan Bersama Tuhan oleh Jeanne Handojo
Halaman :
1

Ikuti Kami