Fabio Capello : Era Spanyol Telah Habis!

Nasional / 30 July 2013

Kalangan Sendiri

Fabio Capello : Era Spanyol Telah Habis!

daniel.tanamal Official Writer
2560

Pelatih asal Italia yang kini menukangi Timnas Rusia, Fabio Capello menilah bahwa era keemasan Spanyol di turnamen Internasional telah berakhir. Menurutnya strategi permainan Spanyol kini sudah bukan lagi menjadi momok menakutkan.

Capello menilai tiki-taka yang digunakan oleh La Furia Roja tak lagi efektif diterapkan di lapangan. Dengan tak banyak melakukan inovasi, tiki-taka Spanyol kini seolah kehilangan taji. Contoh yang diberikan adalah kala Italia berhasil meredam lini tengah Spanyol di Piala Konfederasi.

Terutama kemenangan telak Brasil dari Spanyol di ajang yang sama menjadi bukti kemunduran skema tiki-taka. "Saya pikir Italia sudah menunjukkan cara menundukkan Spanyol di semifinal (Piala Konfederasi)," ucapnya seperti dilansir Fifa.com.

Capello juga sedikit memuji strategi jitu timnas Azzuri yang mampu mengunci permainan Spanyol. "Mereka (Italia) memakai 3 bek dan menumpuk gelandang yang menyulitkan Spanyol. Mereka mengawal ketat penguasaan bola, menghindari bola panjang. Cara itu menyulitkan Spanyol dan pelatih lain kini bisa melihat jika Spanyol bisa dikalahkan," imbuhnya.

Ditambahkan oleh Capello jika kreasi tiki-taka saat ini miskin kreasi. Bola lebih banyak diedarkan di lini tengah tanpa ada pergerakan maju menyerang lawan. Kemungkinan besar para rival Spanyol telah banyak mempelajari skuad Iniesta Cs.

 

 


Sumber : Bola.net
Halaman :
1

Ikuti Kami