Stop Merokok Demi Tulang Belakang Anda!

Info Sehat / 25 July 2013

Kalangan Sendiri

Stop Merokok Demi Tulang Belakang Anda!

Yenny Kartika Official Writer
3770

Kalau penyakit mematikan seperti kanker paru-paru belum juga membuat Anda kapok merokok, mungkin demi kesehatan tulang belakang, Anda akan mulai memutuskan ikatan dengan rokok.

Sebuah penelitian yang termuat dalam Journal of Bone and Joint Surgery menyimpulkan bahwa penderita sakit punggung yang berhenti merokok mengalami kesembuhan yang cepat, sementara mereka yang terus merokok tetap merasakan sakit.

Para peneliti meneliti 5.300 pasien yang terkena nyeri punggung akibat masalah di tulang belakang dan yang sedang dalam terapi. Selama 8 bulan terapi, peneliti terus mengawasi kondisi tiap pasien.

Pasien yang tidak pernah merokok dilaporkan mengalami penyembuhan dari nyeri punggungnya secara berkala dan cepat. Pasien yang berhenti merokok saat menjalani terapi, dilaporkan mengalami nyeri punggung yang makin berkurang.

Sementara itu, pasien yang tetap merokok dilaporkan mengalami nyeri punggung yang berkelanjutan dan butuh waktu lebih lama untuk sembuh.

“Rasa sakit akan meningkat seiring dengan konsumsi nikotin, sehingga orang itu harus menghentikan kebiasan merokok supaya sakit punggungnya tidak semakin parah,” kata Dr. Glenn Rechtine, pelaku penelitian dari Department of Orthopedics di University of Rochester, New York, AS.

Meskipun berhenti merokok dapat mengurangi nyeri punggung, penelitian ini tidak menunjukkan bahwa ada hubungan sebab-akibat antara keduanya.

 

BACA JUGA:

7 Makanan & Minuman yang Efektif Atasi Nyeri Punggung

Suntik Steroid Dapat Bahayakan Tulang Belakang

Kehidupan Modern Picu Tingkat Amarah

5 Tips Mengambil Hati Calon Mertua

Prinsip Pengelolaan Uang Berdasarkan Alkitab

Melihat dan Melunasi Hutang Secara Alkitabiah

Perkatakan Janji Allah, Mujizat Pasti Terjadi!


Sumber : World Health | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami