Sepakbola Jerman Perangi Homophobia

Nasional / 24 July 2013

Kalangan Sendiri

Sepakbola Jerman Perangi Homophobia

daniel.tanamal Official Writer
2599

Berbagai diskriminasi yang tidak ada hubungannya dengan sepakbola memang telah lama masuk dilapangan hijau. Selain sikap rasialisme, terdapat juga sikap homophobia atau diskriminasi terhadap pemain sepakbola dengan orientasi seks yang berbeda.

Mencegah diskriminasi itu, sejumlah klub sepakbola Jerman dan Asosiasi sepakbola Jerman sepakat menandatangani 'Deklarasi Berlin', dalam rangka memerangi homophobia dalam sepakbola.

Inti dari deklarasi yang dipelopori 15 Perwakilan dari badan politik dan olahraga Jerman tersebut adalah: 'Together against homophobia. For diversity, respect and acceptance in sport.'

Turut hadir Tiga menteri Jerman, Sabine Leutheusser-Schnarrenberger, Hans-Peter Friedrich dan Kristina Schroder, turut bergabung dalam perwakilan dari German Sports Foundation. Begitu pula dengan pihak DFB, serta sejumlah presiden klub seperti Uli Hoeness (Bayer Munich) dan Martin Kind (Hannover 96).

Deklarasi tersebut memfokuskan perang terhadap homophobia dalam sepakbola, dan mendapat dukungan dari Bild, selaku media partner. Dalam acara tersebut juga diberikan sebuah panduan, yang diberi judul 'Football dan Homosexuality'.

Kita memang tidak menyetujui gaya hidup seseorang dengan orientasi seks yang menyimpang. Namun bukan berarti kita harus mendiskriminasi setiap pribadinya.

 

 


Sumber : Bola.net
Halaman :
1

Ikuti Kami