Jelang Kunjungan Paus Fransikus, Brasil Perketat Keamanan
Sumber: infosurhoy.com

Internasional / 20 July 2013

Kalangan Sendiri

Jelang Kunjungan Paus Fransikus, Brasil Perketat Keamanan

Puji Astuti Official Writer
3438

Setelah terjadi demonstrasi besar-besaran pada saat digelarnya Piala Konfederasi pada Juni lalu, pemerintah Brasil memberlakukan penjagaan ekstra ketat menjelang kunjungan Paus Fransiskus ke negara tersebut untuk menghadiri Hari Pemuda Sedunia (World Youth Day) pada 22 Juli nanti, yang merupakan acara rutin pertiga tahun yang diselenggarakan oleh Gereja Katolik Roma.

Acara ini diselenggarakan mulai 22 hingga 28 Juli 2013 di Pantai Copacabana, disana Paus Fransiskus akan menyampaikan pidatonya. Diperkirakan sekitar 1,5 juta umat dari seluruh dunia akan membanjiri Rio De Janiero.

Menurut juru bicara Vatikan, Rev. Federico Lombardi, pada Rabu (17/7) lalu, Paus Fransiskus dijadwalkan akan mengunjungi wilayah kumum di Rio De Janiero dengan mobil atap terbuka, sesuatu yang kontras dengan pendahulunya yang selalu menggunakan mobil kepausan yang anti peluru.

"Menurutnya itulah yang pas baginya, komunikasi langsung dengan orang-orang lebih baik dengan cara itu," jelas Rev. Lombardi.

Brasil sendiri merupakan sebuah negara dengan mayoritas penduduk beragama Katolik, diperkirakan jumlahnya mencapai 123 juta jiwa dan memiliki lebih dari 400 uskup. Walau demikian, menurut sebuah survei telah terjadi penurunan umat dikalangan anak muda Brasil, untuk itu kehadiran paus ke negara tersebut dapat menjadi momentum bagi gereja untuk menjangkau anak-anak muda.

Baca juga artikel lainnya :

"Ampuni Dosa" Lewat Twitter, Terobosan Baru Paus Fransiskus

Uskup Ini Pertanyakan Paus Soal Larangan Mobil Mewah

Paus Fransiskus Sampaikan Ucapan Selamat Berpuasa Kepada Imigran di Italia

Bersama Wujudkan Indonesia Yang Lebih Baik

Yang baru di MNC TV: Telenovela dan Acara Ala Gladiator

Sumber : Metrotvnews.com | Washingtonpost.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami