4 Tips Menyembuhkan Varises

4 Tips Menyembuhkan Varises

Budhi Marpaung Official Writer
17540

Varises, meski sepertinya bukan sesuatu yang perlu kita kuatirkan tetapi jika salah dalam mengatasinya maka itu memberi masalah yang besar bagi kita. Mengapa ? karena varises ternyata bisa memengaruhi aliran darah dan berdampak serius terhadap kesehatan.

“Bila katup vena rusak, maka darah tidak dapat dikembalikan dengan normal. Akibatnya terjadi penimbunan darah yang mengakibatkan pembengkakan vena. Inilah yang menimbulkan varises atau yang dikenal dengan istilah medis chronic vein insufficiency (CVI),” demikian ungkap spesialis bedah vaskuler dan endovaskuler FKUI/RSCM, dr R Suhartono MD, beberapa waktu lalu.

Dari penelitian yang dilakukan oleh berbagai ilmuwan, ada 7 faktor yang memicu terjadinya varises pada sejumlah anggota tubuh kita dan itu adalah :

a. Faktor Keturunan

b. Kehamilan

c. Kurang gerak

d. Merokok

e. Terlalu banyak berdiri

f. Menderita kolesterol tinggi dan kencing manis

g. Memakai sepatu hak tinggi

Selain mengetahui apa saja yang bisa memicu kita bisa mengalami varises, ada baiknya kita mengetahui bagaimana mengatasi hal ini. Berikut 4 tips menyembuhkan varises :

1. Pijat aroma terapi dengan bahan minyak cypress yang berkhasiat merangsang sirkulasi darah dan menguatkan dinding pembuluh darah. Pilihan lainnya: minyak lavender, rosemary, mint atau lemon.

2. Berendam bergantian di air panas (suhu 41-43 derajat Celcius) dan air dingin (suhu 15 derajat Celcius), masing-masing selama 15-30 detik dan di ulang selama 30 menit, untuk melancarkan peredaran darah serta menguatkan dinding pembuluh darah.

3. Semprotkan kaki secara bergantian, terutama di daerah betis bagian belakang, dengan air panas dan air dingin seperti di atas.

4. Pijat refleksi di ujung saraf telapak kaki dapat membantu membuang tumpukan kristal dari sisa metabolisme di ujung-ujung syaraf, atau lakukan akupunktur dan akupresur di titik-titik tertentu.

Untuk semakin mempercepat kesembuhan, selain melakukan 4 tips di atas sangat disarankan Anda juga menjaga pola makan dan berkonsultasi ke dokter.

Sebagai penutup, Jawaban mengucapkan selamat mempraktikkan dan sehat selalu untuk Anda semua !


Baca juga :

Hindari dan Atasi Varises Dengan Makanan Yang Tepat

Anak Pendeta

Thread Forum JC : Pengumuman Pemenang Lomba "Provokator" Komentar yang Positif & Inspiratif 

Kisah Nyata Pria yang Mau Bunuh Diri Karena Beratnya Beban Hidup

Favorite Song

Sumber : varises.org, okezone.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami