Wanita Kini Dibolehkan Berdoa di Tembok Ratapan Israel

Internasional / 7 July 2013

Kalangan Sendiri

Wanita Kini Dibolehkan Berdoa di Tembok Ratapan Israel

eva Official Writer
6600

Kelompok pendoa wanita Yahudi, yang disebut WOW (Women of the Wall) kini diperbolehkan berdoa di dekat Tembok Ratapan Yerusalem. Hal ini sangat berbeda dengan pemandangan insiden bulan lalu yang mengakibatkan baku hantam antara pihak pro dan kontra seputar perizinan kaum wanita menyentuh dan berdoa di depan Tembok Barat Yerusalem sejak 1988.

Selama kelompok WOW yang dihadiri 300 orang melakukan ritual doa di dekat Tembok Ratapan, pihak kepolisian wanita menjaga kerumunan tersebut karena mereka takut bila kelompok ultra-Orthodox  melakukan tindakan anarkis. Juru bicara kepolisian setempat, Micky Rosenfeld mengatakan sebagian pria dari kelompok ultra-Orthodox meneriakkan penghinaan, namun polisi tidak melakukan penahanan.

Bulan lalu, kelompok WOW yang melakukan orasi mencari persamaan hak dalam ritual ibadah dan doa antara pria dan wanita diwarnai aksi kekerasan ketika demonstran pria meneriakkan makian dan terlibat baku hantam dengan polisi. Akibat peristiwa itu, pemerintah dan pembuat UU Israel sedang berusaha menemukan titik tengah diantara kedua kubu. Pemerintah menetapkan bahwa wanita dan pria dapat berdoa bersama dengan syarat wanita hanya boleh diperkenankan berdoa dengan jarak beberapa meter dari Tembok Ratapan sedangkan pria tetap melakukan ritual doanya tepat di depan Tembok Ratapan dan menyentuhnya. Selain itu, kelompok WOW kini sudah diperbolehkan memakai selendang doa atau talits dan berbagai atribut agama lainnya yang tadinya dilarang oleh kelompok ultra-Orthodox.

Ibadah kepada Tuhan adalah sesuatu yang wajib seluruh orang lakukan, baik pria dan wanita dan semua orang di mata Tuhan adalah sama. Terlebih lagi bila menyangkut ritual agama dan doa, seperti yang tertulis, “apabila berkumpul bersama-sama bangsa-bangsa dan kerajaan-kerajaan untuk beribadah kepada Tuhan (Mazmur 102:22).

Baca juga:

Bakar Alkitab, Pengkhotbah Mesir ini Bersumpah Akan Tetap Serang Gereja

Umat Kristen di India Dibantai dan Disiksa oleh Kelompok Ekstrim

Pria, 92, Nikahi Wanita yang 70 Tahun Lebih Muda Darinya

Cinta Membara: Seorang Suami di China Tempuh 4000 mil Demi Istrinya yang Sakit Jiwa

Jeremy Camp Hibur Anak-Anak Yatim di Ukraina

Host Radio Kristen, Rick Wiles Klaim Pemirsa MSNBC Benci Yesus

A Changing Love

Sumber : grt/Eva
Halaman :
1

Ikuti Kami