Wow,Ternyata Kopi Bermanfaat Bagi Kesehatan Reproduksi!

Wow,Ternyata Kopi Bermanfaat Bagi Kesehatan Reproduksi!

Lori Official Writer
3977

Pada umumnya minuman yang mengandung kafein tinggi ini sangat digemari oleh pria. Namun karena kenikmatannya, kopi ini juga menarik selera para wanita. Rata-rata para pria dapat meminum kopi hingga 3-5 cangkir sehari.

Kafein sebagai zat stimulan yang terkandung didalamnya berfungsi meningkatkan laju pernafasan, denyut jantung, tekanan darah, sakit kepala, pengeluaran hormone stress, menimbulkan rasa terbakar pada lambung, meningkatkan pengeluaran energi tubuh selama beberapa jam dan merangsang saluran cerna terutama dalam proses pembuangan.

Bagi penikmat kopi, apakah anda tahu bahwa selain dampak diatas kafein juga bermanfaat bagi kesehatan reproduksi? Berikut alasannya.

Mencegah Resiko Kanker Prostat Bagi Pria

Sebuah studi di Universitas Sao Paulo Brasil menemukan bahwa pria yang rutin minum secangkir kopi setiap pagi lebih subur dibanding pria yang tidak pernah minum kopi di pagi hari.

Dalam penelitian ini 750 pria dikategorikan kedalam kelompok tidak peminum kopi, peminum kopi ringan,peminum kopi sedang dan peminum kopi berat. Dengan menggunakan ukuran skala cangkir 100 ml, dihasilkan bahwa pria yang meminum kopi setiap hari secara rutin lebih memiliki kualitas sperma yang lebih baik dibanding kelompok lainnya.

Selain itu kopi juga dapat menurunkan risiko kanker prostat pada pria. Studi pada tahun 2011 mangatakan bahwa pria yang mengonsumni enam cangkir atau lebih sehari akan mengurangi resiko kanker prostat sebesar 20 persen.

Mencegah Kanker Endometrium Pada Wanita

Edward Giovannucci, seorang professor gizi dan epidemiologi di Harvard School of Public Health, menerbitkan sebuah Journal Cancer Epidemiology, Biomakers dan Prevention yang menyatakan bahwa wanita yang meminum kopi lebih dari empat cangkir kopi sehari memiliki resiko 25 persen lebih rendah terkena kanker endometrium atau kanker rahim.

Penelitian diatas mungkin dapat memberikan Anda pandangan seputar manfaat lain dari kopi. Namun harus tetap Anda perhatikan bahwa meminum kopi dalam jumlah yang berlebihan juga beresiko tinggi. Selamat menikmati hidangan kopi segar Anda. Salam hidup sehat!

 

Baca Juga:

Langkah-langkah Mengatasi Masturbasi

Kenali 10 Penyebab Utama Alergi Kulit

Wah, Enam Makanan Ini Picu Kerusakan Kulit!

Kulit Sensitif Ternyata Lebih Mudah Terkena Alergi

Bagaimana Jika Penghasilan Istri Lebih Besar?

Sumber : berbagai sumber | Jawaban.com

Ikuti Kami