Kulit Sensitif Ternyata Lebih Mudah Terkena Alergi
Sumber: dreamersradio.com

Info Sehat / 25 June 2013

Kalangan Sendiri

Kulit Sensitif Ternyata Lebih Mudah Terkena Alergi

andreas rumata simanjuntak Official Writer
8592

Dibandingkan jenis kulit berminyak dan kering, kulit sensitif ternyata lebih rentan terkena iritasi dan membutuhkan perawatan khusus. Untuk itu, perlu berhati-hati dalam merawat kulit dan memilih produk. Lalu bagaimana mengenali jenis kulit sensitif ? 

“Kulit sensitif dapat dikenali dari permukaannya yang tipis dan biasanya kemerahan, kecuali pada kulit yang gelap. Meski tidak semua kulit kemerahan itu sensitif, tapi biasanya kulit menjadi merah karena sensitive. Ciri lainnya yaitu bahwa kulit sensitif sangat mudah terkena alergi,” papar dr. Strianang SpKK dari Trisa Derma Skin Care dalam talkshow Solusi Sehat di radio JJFM, Kamis (18/10/2007). 

Pemilik kulit sensitif sebaiknya menghindari bahan-bahan yang bersifat iritatif, seperti alkohol, pewangi, dan AHA. “AHA itu bersifat mengelupas kulit ari, sehingga dapat menyebabkan alergi. Jadi, sebelum membeli kosmetik sebaiknya baca dulu kandungannya, terutama untuk pemutih. Karena sekarang ini banyak pemutih mengandung zat-zat yang tidak boleh digunakan kulit sensitif,” jelasnya. 

Begitu juga dengan produk pembersih wajah yang ringan, misalnya berbentuk susu pembersih yang tidak pekat. Selain itu, tidak disarankan memilih pembersih sekaligus penyegar, karena biasanya produk tersebut mengandung alkohol. Saat memakai pembersih sebaiknya jangan dibiarkan terlalu lama menempel di kulit agar tidak terjadi iritasi. Segera bersihkan dengan pembersih secara lembut. “Memakai dan mengangkat pembersih sebaiknya jangan ditekan, karena dapat merangsang alergi,” saran dr. Strianang. 

Pada prinsipnya, kata dr. Strianang, pilih kosmetik yang bersifat non-iritan dan hindari zat aktif yang bersifat iritan, seperti peeling. Selain itu, pilih kosmetik yang mengandung Ph rata-rata 5,5 karena sesuai dengan Ph kulit manusia. Untuk mencegah alergi sebaiknya sebelum menggunakan suatu produk, oleskan dulu di tangan. Jika tidak terjadi alergi, berarti produk itu cocok untuk kulit Anda. 

“Perawatan pada kulit sensitif biasanya ditujukan untuk perbaikan dan peremajaan. Sehingga sebaiknya, gunakan tabir surya bila akan beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Untuk wanita, selain perawatan sebaiknya juga menggunakan kosmetik estetik,” tuturnya.


Baca Juga :

Mengenal Jenis-Jenis Jerawat

4 Makanan dan Minuman Untuk Atasi Insomnia

Perangi Kanker Serviks Dengan Diet Makanan Ini

 

Sumber : jjfm.wordpress.com / andre
Halaman :
1

Ikuti Kami