Kunci Membangun Jaringan Bisnis Yang Luas
Sumber: ventureneer.com

Investment / 6 July 2013

Kalangan Sendiri

Kunci Membangun Jaringan Bisnis Yang Luas

Lori Official Writer
11017

Memutuskan untuk membangun sebuah bisnis memang harus memiliki modal keberanian. Dengan keberanian para pebisnis harus menjaring berbagai relasi menyangkut pertumbuhan usahanya. Bila Anda salah satu pebisnis pemula dan masih merasa takut untuk mulai menjalin relasi tersebut, berikut kuncinya.

Jalin Hubungan Dengan Jaringan Yang Dapat Menguntungkan Anda

Membangun relasi yang seluas-luasnya merupakan kunci agar bisnis Anda bertumbuh. Anda dituntut untuk memilih relasi bisnis secara selektif . Biasanya banyak relasi yang menjanjikan keuntungan ini itu, namun pada kenyataannya Anda hanya dijadikan sebagai korban. Carilah relasi yang dapat memberikan dampak positif dan pertumbuhan yang signifikan dalam usaha Anda. Misal melalui jaringan tersebut, Anda belajar berbagai macam strategi bisnis yang mereka jalankan. Otomatis dapat memperkaya ilmu Anda dibidang bisnis yang Anda geluti.

Bangun Komunikasi Yang Baik

Salah satu kunci sukses dalam mengembangkan bisnis adalah dengan mmepertahankan atau membangun hubungan komunikasi yang baik dan intens terhadap para jaringan bisnis Anda. Di zaman yang serba canggih ini, para pebisnis profesional tidak lagi memiliki batasan untuk terkoneksi dengan dunia. Hal ini memungkinkan Anda untuk memiliki mitra kerja atau jaringan di luar negeri. Anda hanya tinggal menggunakan teknologi canggih yang dalam hitungan detik sudah dapat membangun komunikasi dengan mereka. Misal dengan menggunakan email, BBM, sosial media atau telepon.

Bekerja Sama dan Saling Membantu

Didalam bisnis berlaku istilah “Simbiosis Mutualisme” yang artinya bahwa kedua belah pihak bisa saling menguntungkan. Menjadi relasi atau rekan kerja perusahaan lain adalah tanggung jawab Anda untuk mau memberikan bantuan sewaktu-waktu bila jaringan Anda mengalami kesulitan dalam usahanya demikian sebaliknya. Jadi berkerja sama yang baiklah dalam berbagai situasi.

Miliki Sikap Relawan

Berbisnis bukan berarti Anda harus terus menerus untung dan bersikap bossy dengan tidak mau melakukan suatu hal tanpa imbalan. Namun bila Anda memiliki sikap yang satu ini niscaya banyak relasi bisnis yang akan mempertimbangkan Anda dengan jaminan keuntungan yang lebih baik. Pebisnis sukses mengawali karirnya lewat satu sikap untuk mau merendahkan diri dan tanpa pamrih.

Tetaplah Tekun Dalam Usaha Anda

Tetaplah tekun didalam menjalin relasi yang lebih luas lagi. Jangan batasi diri Anda! Seorang yang melakukan hal besar di dunia akan mendapatkan yang lebih besar lagi. Jadi bila Anda sudah membangun jaringan yang lebih luas dengan pihak lain, Anda harus berkorban misalnya dalam hal waktu. Namun ingatlah bahwa resiko untuk menjadi sukses dalam membangun dan menjalin relasi yang lebih luas adalah meninggalkan kenyamanan diri.

Apakah Anda seorang pebisnis yang sulit menerapkan hal diatas? Jangan takut dan ragu, berani mencoba adalah kunci orang-orang sukses dan investasi masa depan yang lebih baik.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Kecerdasan Emosional Penentu Kesuksesan Investasi

6 Langkah Jitu Tingkatkan Pemasaran Usaha

Tiga Kenaikan Biaya Usaha Yang Harus Disiasati Saat Ini

Lima Bisnis Wirausaha Yang Tak Ada Matinya

I'm Stars, Menggugah Sanubari Untuk Menerima Penyandang Autis

Sumber : plasadana.com | lori
Halaman :
1

Ikuti Kami