Menteri Agama: Munarman Idealis, Tamrin Kurang Kontrol Diri
Sumber: youtube.com

Nasional / 2 July 2013

Kalangan Sendiri

Menteri Agama: Munarman Idealis, Tamrin Kurang Kontrol Diri

daniel.tanamal Official Writer
4197

Meski tidak spesifik mengomentari lebih jauh mengenai peristiwa penyiraman Juru Bicara Front Pembela Islam (FPI) Munarman terhadap Guru Besar Sosiologi Universitas Indonesia (UI) Tamrin Amal Tomagola di acara Apa Kabar Indonesia Pagi pada akhir pekan lalu, Menteri Agama Suryadharma Ali terkesan mendukung Munarman.

Menurut pandangannya, Munarman adalah sosok idealis yang Meski kerap berdebat keras, namun mengimbangi dengan fakta. Sementara Tamrin dipandangnya sebagai cendekiawan yang tak pandai mengontrol diri karena menyela pembicaraan saat berdebat. "Munarman idealis, tapi memperlihatkan fakta, lalu Tamrin ini menurut saya cendekiawan yang kurang bisa mengontrol diri," katanya di Jakarta, Senin (1/7).

Dirinya juga melihat bahwa dua presenter dalam acara itu terlihat memanfaatkan metode konflik yang membenturkan tiga kepentingan berbeda, yaitu kepentingan kedua narasumber dan kepentingan acara itu sendiri. "Semakin tajam, semakin sukses, dan itu sampai pada klimaksnya. Dari sisi TV One, saya lihat ini sukses. Karena sekarang ini ada kecenderungan membangun talkshow dari metode konflik, presenter melebihi pembicara, kadang malah seperti penyidik," ujarnya.

Kelanjutan dari peristiwa tersebut sendiri hingga saat ini nampaknya berakhir didalam acara itu saja setelah Tamrin tak mau melaporkan Munarman ke Kepolisian. Dalam akun jejaring sosialnya, Tamrin mengaku tak mau meladeni Munarman yang berperilaku seperti preman.

Sebagai seorang menteri seharusnya dapat memberi sedikit pencerahan kepada masyarakat bahwa peristiwa penyiraman tersebut sangat tidak terpuji. Bahwa pengendalian diri sangat diperlukan dalam sebuah diskusi dan perbincangan yang didalamnya dapat mengandung perdebatan.

 

Baca Juga Artikel Lainnya

Taliban Tembak Mati Para Pendaki Himalaya

Ratusan Korban Banjir di India Dikremasi Massal

Penginjil Di Ethiopia Dituduh Lakukan Terorisme dan Makar

Kristen Jepang Desak Pemerintah Minta Maaf Atas Perbudakan Seks

Kristen Suriah Pertanyakan AS Dukung Ekstrimis

 

Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami