6 Langkah Jitu Tingkatkan Pemasaran Usaha

6 Langkah Jitu Tingkatkan Pemasaran Usaha

Lori Official Writer
4598

Marketing atau pemasaran memiliki peranan yang sangat penting dalam bidang usaha. Sehingga membutuhkan strategi dan perencanaan yang handal agar mendapatkan nilai jual yang tinggi. Inovasi-inovasi yang berbeda pun sangat dibutuhkan guna menarik minat konsumen yang dituju. Oleh sebab itu, para penggiat usaha harus mengikuti beberapa cara dan langkah pemasaran berikut.

Target Pemasaran

Sebelum memulai usaha ide pemasaran merupakan gagasan awalnya, maka tentukan target pemasaran dan jenis usaha yang tampaknya memiliki peluang besar untuk dicari. Misalnya anda perlu menentukan jenis target seperti gender, usia, area dan kelas ekonomi (Atas, Menengah atau Rendah).

Jenis Produk

Menentukan target sejalan dengan memilih jenis produk yang akan diperdagangkan. Pilihlah produk yang kira-kira sedang banyak diburu oleh konsumen sesuai dengan target pemasaran yang sudah anda tentukan. Buatlah standar produk dan pelayanan anda paling tidak di level yang terbilang sempurna atau berkualitas. Pastikan anda merapkan metodi yang berbeda dari usaha-usaha yang sudah ada sebelumnya.

Harga Produk

Untuk menentukan harga, anda perlu memperhatikan dua hal ini. Pertama, bila anda melakukan usaha yang anda kerjakan sendiri maka perhitungkan keseluruhan modal yang anda keluarkan dan lakukan hunting harga di tempat lain. Namun tetapkan harga yang pantas dan tidak terlalu jauh dari modal anda. Kedua, bila produk anda di supply dari agen maka hitung keseluruhan modal anda dan perkirakan besar keuntungan bersih yang akan anda dapatkan. Intinya, harga produk anda harus sesuai dengan pasaran.

Promosi

Promosi merupakan bentuk pemasaran yang dapat anda lakukan baik langusng maupun tidak. Teknologi dapat membantu anda untuk mempromosikan usaha anda kepada calon target pemasaran anda. Bila usaha anda terbilang cukup besar, lakukan pemasaran dengan penyebaran brosur, iklan atau bangun website khusus untuk usaha anda.

Distribusi

Bila usaha anda memungkinkan untuk dapat didistribusikan ke berbagai tempat, maka jalinlah hubungan dengan pihak lain untuk memperluas dan meningkatkan pemasaran usaha anda.

Sales

Konsumen paling menyukai potongan harga, penawaran murah atau bonus atas pembelian produk. Maka dari itu, peluang ini dapat anda terapkan dengan mengaplikasikan strategi sales yang menguntungkan. Misal adakan diskon, paket, kupon/voucher, member list, point reward, trial produk, program undian berhadiah dan sejenisnya.

Sebuah usaha akan berkembang bila memiliki strategi pemasaran atau marketing yang baik. Bila usaha yang anda kerjakan saat ini kelihatannya sulit untuk mengalami peningkatan, koreksi kembali strategi pemasaran yang anda lakukan. Lakukanlah beberapa langkah diatas dengan tepat, alhasil usaha anda akan mengalami kemajuan.

 

 

Baca Juga:

Tiga Kenaikan Biaya Usaha Yang Harus Disiasati Saat Ini

Sukses Menjalankan Bisnis Online Shopping

Lima Bisnis Wirausaha Yang Tak Ada Matinya

Tak Perlu Takut BBM Naik, Peluang Usaha Tetap Terbuka

The Lone Ranger, Aksi Heroik dan Konyolnya Johnny Depp

Sumber : berbagai sumber | Jawaban.com

Ikuti Kami