Tips Pintar dalam Berbelanja
Sumber: zimbio.com

Entrepreneurship / 26 June 2013

Kalangan Sendiri

Tips Pintar dalam Berbelanja

andreas rumata simanjuntak Official Writer
6054

Dalam beberapa pekan terakhir, harga dari barang-barang yang dibutukan masyarakat melambung tinggi. Hal ini tentu perlu disikapi dengan bijak. Salah satu langkah tepat merespon naiknya harga produk di pasaran adalah dengan mengatur keuangan dalam berbelanja.

Agar kebutuhan sehari-hari Anda tetap terpenuhi cobalah mengikuti beberapa tips berikut ini :

1.  Buatlah daftar belanja

Seberapa sering Anda merencanakan daftar belanja bulanan dan gagal memenuhinya? Penyebabnya adalah persiapan yang tidak matang dan tergoda oleh keinginan-keinginan kita. Hentikanlah kompromi dengan anggaran Anda sekecil apa pun itu. Pilihlah produk yang benar-benar Anda butuhkan. Kalau perlu, tidak usah membawa anak saat berbelanja. Hal ini perlu dilakukan supaya Anda tidak perlu diminta anak membeli cemilan-cemilan yang tidak ada dalam list belanja Anda.

2. Mengakali Menu

Kebutuhan gizi memang tak terelakkan. Untuk itu, lakukan sedikit trik agar menu makanan yang Anda sajikan lebih hemat namun tetap bisa menyehatkan. Misalnya, jika  untuk makan siang dan malam keluarga Anda biasanya mengonsumsi daging, dalam situasi sulit sekarang ini cobalah menggantinya dengan telur atau tahu-tempe. Selain sama-sama berprotein harganya jauh lebih bersahabat dengan isi dompet Anda.

3.  Cari info diskon

Sering-sering membaca koran, majalah, hingga menjelajah internet banyak manfaatnya. Salah satu faedah bagi Anda adalah mengetahui promo diskon di supermarket. Manfaatkan momen ini untuk memangkas biaya belanja bulanan. Jika Anda memiliki kartu belanja supermarket gunakanlah ketika Anda membeli barang di tempat itu karena biasanya ada promosi bagi pemegang kartu, baik berupa barang maupun diskon belanja.

Sebaiknya bandingkan harga supermarket A dan supermarket B, namun jangan terkecoh dengan harga yang lebih murah. Pastikan kualitasnya memang yang terbaik.

4. Pilih yang termurah

Untuk beberapa produk (selain makanan), Anda boleh saja mengikuti kaidah membeli produk yang termurah. Belilah  produk yang sedang turun harga atau buy 1 get 2. Atau, pakailah produk hasil produksi supermarket tertentu. Misalnya tisu, pembersih lantai, gula pasir, terkadang juga diproduksi supermarket. Kualitasnya cukup baik dan jelas lebih murah.

5.  Tinggalkan Kartu Kredit

Tips belanja pintar lainnya adalah meninggalkan kartu kredit. Jika memang bersungguh-sungguh untuk belanja dengan hemat, akan lebih baik jika kartu kredit disimpan saja di rumah. Hal ini bisa membantu Anda menghemat uang dalam berbelanja.

6.  Teliti kembali

Sebelum membayar di kasir periksa kembali barang-barang yang sudah dibeli, apakah ada kerusakan atau tidak, karena pasar swalayan atau supermarket tidak menerima kembali barang yang sudah dibeli. Seusai membayar di kasir, hitung kembali jumlah uang yang telah dibayarkan dengan jumlah barang yang sudah dibeli.

Dengan memahami prinsip-prinsip belanja cerdas di atas, Anda akan mendapatkan barang yang benar-benar diperlukan dan harga yang lebih murah tentunya. Jadi, jangan pesimis akan keadaan dimana harga-harga sedang naik. Jika sebelumnya saja Anda bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, mengapa sekarang tidak?

 

Baca Juga :

6 Kiat Jitu Hadapi Kenaikan Harga BBM

Tips Hemat di Tempat Kerja

Magang Pada Masa Liburan Siapkan Anda Menuju Dunia Kerja

Sumber : berbagai sumber / andre
Halaman :
1

Ikuti Kami