Menghadapi Mertua yang Sulit? Lakukan Cara Ini

Single / 26 June 2013

Kalangan Sendiri

Menghadapi Mertua yang Sulit? Lakukan Cara Ini

eva Official Writer
8338

Berhadapan dengan mertua tentu bukan suatu perkara mudah bila kita belum bisa memiliki hubungan yang dekat dengannya. Terlebih lagi, hal ini dapat juga menjadi tantangan yang luar biasa apabila mertua kita tergolong orang yang superior, sulit mengerti dan selalu membuat kita merasa serba salah jika kita melakukan kesalahan dihadapannya. Oleh karena itu untuk menghadapi mereka, kita perlu melakukannya dengan kepala dingin. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menangani mertua yang sulit dan membina hubungan yang baik dengan orangtua pasangan kita:

Banyak ngobrol dengan mertua

Mengapa? Mungkin mertua tidak kenal bagaimana Anda, itu sebabnya dia bertindak sembarangan. Namun, ada baiknya kalian saling mengenal dan membicarakan banyak hal. Dengan begitu, kalian menciptakan koneksi sendiri daripada hanya bergantung dari koneksi pasangan kepada orangtuanya.

Bersikap lembut dan penuh kasih

Anda bisa rencanakan pesta ulang tahunnya, memasak makanan favorit mertua, atau memberikan hadiah yang mereka inginkan. Namun, tentu saja Anda harus melakukan penelitian terlebih dahulu melalui pasangan, tentang apa saja yang disukai ataupun tidak disukai mertua.

Hormati hak dan suara mertua

Orangtua pasti selalu menganggap anaknya seperti anak kecil, meskipun anaknya sudah berumah tangga. Ada kalanya, orangtua pun tidak setuju dengan keputusan yang telah kalian ambil. Namun, sebenarnya mereka merasa bahwa mereka punya hak di situasi tersebut. Hormatilah suara mereka tanpa mengorbankan pilihan kita sendiri. Cobalah cari cara yang terbaik untuk itu.

Jadilah diri sendiri

Ingatlah, jangan pernah bermuka dua ataupun bertingkah seperti orang lain jika itu memang bukan Anda. Jadilah diri sendiri dalam menghadapi mertua. Setiap orang punya kekurangan dan kelebihan. Mungkin mertua Anda suatu hari akan menemukan kekurangan Anda tapi berusahalah untuk memperbaikinya. Namun, mereka pun akan mendapatkan kelebihan Anda. Dengan menjadi diri sendiri, Anda pun tidak akan punya beban untuk selalu tampil sempurna.



 

Sumber : berbagai sumber/eva
Halaman :
1

Ikuti Kami