Tiga Kenaikan Biaya Usaha Yang Harus Disiasati Saat Ini

Investment / 26 June 2013

Kalangan Sendiri

Tiga Kenaikan Biaya Usaha Yang Harus Disiasati Saat Ini

Puji Astuti Official Writer
7736

Apakah usaha dapat tetap berkembang dalam kondisi seperti saat ini dimana Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi naik, diikuti dengan kenaikan harga hampir semua barang dan juga biaya transportasi? Walau tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa, hanya perlu usaha lebih keras daripada biasanya.

Kenaikan BBM berakibat pada dunia usaha, yaitu kepada tiga hal :

Biaya bahan baku

Kenaikan BBM bisa dipastikan berdampak kepada bahan baku industri, hal ini tidak terhindarkan lagi. Contohnya untuk UKM yang bergerak dibidang makanan jadi, sudah dipastikan bahan baku seperti tepung, telur, dan gula harganya naik. Namun ingat ya, bahwa kondisi ini jangan membuat kualitas produk Anda menurun. Untuk itu mulai mencari alternatif bahan lain juga penting, karenanya rajin-rajinlah melakukan penelitian dan inovasi karena di Indonesia ini kaya dengan hasil bumi yang belum dimaksimalkan.

Biaya distribusi

Jika Anda menggunakan kendaraan seperti mobil, dengan kenaikan BBM tentu pembengkakan biaya distribusi sudah dapat diperkirakan. Untuk menyiasatinya mungkin bisa menggunakan transportasi alternatif seperti motor dengan box yang saat ini sudah banyak digunakan pengusaha UKM.

Biaya sumber daya manusia

Kenaikan BBM tentu berpengaruh bagi para pekerja atau buruh, dapat dipastikan dalam waktu dekat harus menaikkan gaji para karyawan. Untuk itu efesiensi perlu dilakukan, sehingga tidak perlu ada pemutusan hubungan kerja (PHK). Pelatihan bagi karyawan agar bisa multi tasking dan penambahan beban kerja perlu disosialisasikan kepada mereka agar mereka mengerti bahwa hal tersebut dilakukan agar perusahaan dapat bertahan melewati masa kritis ini.

Langkah terakhir adalah penyesuaian harga jual dari produk yang dihasilkan, namun mengingat dengan kenaikan BBM ini berdampak kepada turunnya daya beli masyarakat maka kenaikan hargapun tidak bisa terlalu banyak. Untuk mengatasinya adalah mengejar penambahan pelanggan, untuk itu tim marketing akan menjadi tumpuan utama untuk mengejar target sehingga perusahaan dapat bertahan.

Tidak menyenangkan memang harus melakukan efesiensi dalam berbagai lini secara bersamaan, namun hal ini harus dilakukan untuk bisa bertahan menghadapi inflasi yang sudah didepan mata. Namun jika usaha Anda berhasil melakukannya, percayalah bahwa kesuksesan pun telah menanti Anda. Jadi jangan menyerah dengan kesulitan yang harus ditaklukan saat ini karena akan memberikan Anda keuntungan di depan nanti.

Baca juga artikel lainnya :

Dampak BBM Naik, Tarif Angkutan Naik 15-30 Persen

Jokowi Batalkan Kenaikan Tarif Trans Jakarta

Tips Pintar dalam Berbelanja

Waspadai 7 Area Pemicu Alergi Ini di Rumah Anda!

Emergency Team,Tolong Doakan Operasi Kedua Anak Saya!

Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami