Kenali Tiga Jenis Alergi Kulit Ini!

Kenali Tiga Jenis Alergi Kulit Ini!

Lori Official Writer
21658

Alergi kulit biasanya terjadi sebab kontak langsung dengan allergen (dermatitis kontak). Dermatitis kontak terdiri dari dua macam yaitu iritan dan alergik. Dermatitis kontak iritan disebabkan oleh reaksi kimia sedang yang alergik disebabkan oleh sensifitas kulit terhadap benda-benda tertentu seperti perhiasan imitasi, karet, krim dan jenis salep.

Alergi kulit ini memiliki beraneka ragam ciri-ciri tergantung pada jenis alergi kulitnya. Beberapa alergi kulit umumnya ditandai dengan rasa gatal dan berwarna merah, muncul sisik dan ruam pada kulit, kelopak mata, kulit mulai mengering, terkadang sampai meradang atau melepuh dan kulit berwarna merah, pecah dan mengeluarkan cairan yang terasa gatal.

Untuk melakukan pengobatan atas alergi ini, maka anda harus mengenali berbagai jenisnya seperti dibawah ini:

1.Alergi Kulit Dermatitis Atopik(Ekstrim)

Jenis alergi kulit ini terjadi pada anak-anak, namun tidak tertutup kemungkinan terjadi juga kepada orang dewasa. Adapun ciri-ciri dari alergi ini seperti terdapat goresan pada kulit yang terletak di dada, pipi dan kulit kepala. Kulit akan tampak merah, merembes dan berbentuk lepuh kecil atau benjolan. Alergi ini akan menyebabkan kulit tampak jelek karena sering di garuk.

2.Alergi Kulit Angiodema (pembengkakan) dan Urtikaria (Hives)

Urtikaria adalah jenis alergi kulit yang terasa sangat gatal yang dapat dialami oleh semua usia. Alergi jenis ini terjadi akibat benjolan merah yang kemudian mengalami pengangkatan dan terjadi hanya dalam beberapa menit lamanya. Biasanya terdapat pada mata, bibir, kaki dan tangan. Sedang alergi jenis angioedema dapat dikenali dengan rasa disengat, terbakar dan kesemutan. Jenis alergi ini cukup berbahaya karena dapat mempengaruhi pernafasan hingga menimbulkan kematian.

3.Alergi Kulit Kontak Dermatitis

Alergi yang satu ini terjadi akibat reaksi zat yang langsung kontak pada kulit. Biasanya hal ini terjadi pada wanita yang sering menggunakan kosmetik, pewarna rambut, logam dan obat topical. Alergi biasanya terjadi pada tangan, kaki, leher dan kelopak mata, kulit kepala. Beberapa benda yang dapat memicu terjadinya alergi kulit dermatitis kontak ini seperti logam pada resleting pakaian. Biasanya terjadi pada bagian tangan, telinga, pinggang dan leher.

Kulit merupakan bagian organ tubuh yang cukup sensitif terhadap zat kimia maupun kontak terhadap jenis benda logam. Sehingga wawasan seputar alergi kulit ini dapat bermanfaat bagi anda dalam langkah pengobatan maupun pencegahan. Semoga bermanfaat!

 

Baca Juga:

Waspadai 7 Area Pemicu Alergi Ini di Rumah Anda!

7 Fakta Menarik Penyebab Insomnia

Menatap Komputer Terlalu Lama Timbulkan Masalah Kesehatan

5 Mitos Tentang Jerawat Yang Berbahaya

Rehabilitasi Gratis Disediakan Bagi Pecandu Narkoba

Sumber : berbagai sumber | Jawaban.com | lori

Ikuti Kami