22 Cara Agar Bisa Insomnia Tersingkir
Sumber: sehatcantik.co.id

Fit & Charming / 21 June 2013

Kalangan Sendiri

22 Cara Agar Bisa Insomnia Tersingkir

Lois Official Writer
9095

Insomnia menyebabkan orang susah tidur sehingga kita sulit berkonsentrasi keesokan harinya. Insomnia juga diketahui meningkatkan resiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Bahkan menurut studi terbaru, pria yang terkena insomnia beresiko dua kali lipat terkena kanker prostat. Karena itu, jangan sampai insomnia mengancam Anda. Lakukan beberapa langkah ini jika Anda terkena insomnia :

Jangan Nonton TV di Jam Tidur

Menurut Lara G. Sigurdardottir, peneliti bidang tidur, salah satu penyebab insomnia adalah kebiasaan menonton TV di jam tidur. Sinar dari televisi akan mempengaruhi kelenjar pineal, yang mengatur siklus tidur, untuk memerintahkan otak mengurangi melatonin, si hormon tidur.

Mandi Air Hangat

Hal ini merupakan cara yang baik membuat tubuh rileks tapi jangan terlalu lama. Terlalu lama di dalam air hangat akan membuat tubuh kering. Jika perlu gunakan garam mandi, karena akan membuang toxin dalam tubuh.

Lakukan Pijat Ringan

Sebelum tidur, ada baiknya semua anggota tubuh dilemaskan dengan melakukan pijat ringan. Berilah pijatan pada belakang tubuh, muka, dan kepala. Pijat dengan lambat, lembut, namun mantap untuk melemaskan otot-otot dan membuat tidur kita pulas.

Dengarkan Musik

Putar lagu yang lembut, mungkin musik komposisi, ataupun audio tentang aliran air sehingga dapat membuat kita tertidur.

Minum Susu Hangat

Segelas susu hangat 15 menit sebelum tidur akan melemaskan sistem syaraf kita karena susu mengandung kalsium yang akan bekerja langsung ke sistem syaraf tersebut.

Minum Teh Herbal

Jika tidak punya atau tidak suka susu, minumlah teh herbal yang juga akan membantu kita tidur.

Jangan Memikirkan Kerjaan Saat Jam Tidur

Atur Pola Tidur

Kurangi Minuman Berkafein dan Bersoda

Dekor Ulang Kamar Tidur

Ubah Posisi Jam di Ruang Tidur

Olahraga

Menghitung Domba

Tidur Menghadap ke Utara

Menggerakkan Jari Kaki

Mengelus Perut

Tarik Nafas Dalam

Membayangkan Sesuatu yang Indah

Menghitung Mundur

Mendengarkan Radio

 

Bangun Lebih Pagi

Dengan bangun lebih pagi dan melakukan aktivitas akan membuat tubuh lebih lelah sore / malam harinya sehingga tubuh memberikan alarm ingin tidur cepat. Paksa dan biasakan tubuh bangun lebih pagi agar insomnia pun lari.

Kunjungi Dokter

Jika semua menemui jalan baik, ada baiknya kita kunjungi dokter. Insomnia bisa jadi salah satu gejala dari penyakit fisik yang diderita, meski kebanyakan dikarenakan tensi, stress, dan kecemasan.

Insomnia memang susah-susah gampang diatasi, namun yang penting adalah jangan dibiasakan. Jika sekali sudah insomnia, jangan dibiarkan tapi juga jangan sampai membuat stress. Pikiran yang enteng pun dapat membuat tidur kita nyenyak.

Sumber : berbagai sumber by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami