Singapura Desak Indonesia Tanggulangi Kebakaran Hutan
Sumber: reuters.com

Nasional / 20 June 2013

Kalangan Sendiri

Singapura Desak Indonesia Tanggulangi Kebakaran Hutan

Lori Official Writer
3718

Tingginya tingkat kabut asap yang melanda Singapura sejak Selasa (18/7) lalu, mendorong negara ini untuk mendesak Indonesia agar menanggulangi kebakaran hutan yang acap kali terjadi.

Kabut asap tebal yang menutupi Singapura disinyalir merupakan indeks polusi terburuk sejak 1997. Terbukti dari hasil pengukuran indeks standar polusi (PSI) di Singapura yang mencapai 177 yang jauh di atas ambang batas aman di level 100. Indeks polusi ini masih tetap berlangsung hingga Rabu (19/6) sore.

Akibat kondisi itu, Singapura mengambil langkah untuk menggelar rapat darurat dengan Indonesia dan mendesak Indonesia segera bertindak dalam penanggulangan kebakaran hutan illegal. Sementara Hadi Daryanto, pejabat Kementrian Kehutanan Indonesia menanggapi desakan itu dengan menandaskan bahwa Indonesia telah melakukan langkah-langkah antisipasi seperti penerapan hujan buatan dan pemadam kebakaran.

Pembakaran hutan ilegal di Indonesia ini merupakan kasus yang terus berulang. Singapura dan negara tetangga lain seperti Malaysia turut terimbas kiriman kabut asap kebakaran ini. Dari hasil pantauan, sumber kebakaran hutan terjadi di sejumlah titik seperti Sumatra, Riau, Jambi, Kalbar, Sumsel dan Sumbar.

Semoga peristiwa ini mengingatkan kita bahwa pembakaran hutan liar sangat berbahaya dan mengakibatkan dampak yang fatal terhadap kesehatan.


Baca Juga:

Perundingan Damai AS dengan Taliban Terancam Gagal

SBY Belum Ketok Palu Untuk Naikkan Harga BBM

Jelang Kenaikan BBM, Pengendara dan Pengecer Padati SPBU

Kamis ini, Kenaikan BBM akan Diumumkan oleh Pemerintah?

Bisnis Tetap Maju Tanpa Marketing

Sumber : berbagai sumber | lori
Halaman :
1

Ikuti Kami