Insomnia Ada Banyak Jenisnya, Lho!
Sumber: Google

Info Sehat / 20 June 2013

Kalangan Sendiri

Insomnia Ada Banyak Jenisnya, Lho!

Yenny Kartika Official Writer
4928

Kita mengenal insomnia sebagai ‘keadaan tidak tidur dalam jumlah yang cukup sehingga kehidupan sepanjang hari menjadi tidak nyaman’. Tetapi nyatanya ada banyak jenis insomnia. Mungkin kita selama ini tidak menyadari bahwa kebiasaan tidur yang kita miliki adalah insomnia? Jadi, mari kita simak penjelasan jenis-jenis insomnia berikut ini:


#1 Initial Insomnia

Apakah Anda harus baring-baring dulu selama satu jam sebelum akhirnya benar-benar tertidur? Apakah sekalinya Anda tidur, Anda akan terus tertidur sampai keesokan paginya?

Jika Anda menjawab 'Ya' untuk pertanyaan pertama dan 'Tidak' untuk pertanyaan kedua, berarti Anda mengalami initial insomnia. Jenis ini termasuk insomnia yang umum terjadi. Solusinya cukup sederhana, yaitu Anda harus mengurangi stress dan kekuatiran yang biasanya muncul di malam hari.

 

#2 Middle Insomnia

Apakah Anda cukup cepat untuk bisa tertidur namun kemudian terbangun di tengah malam, dan akhirnya kesulitan untuk bisa tidur kembali?

Inilah yang dinamakan middle insomnia. Insomnia jenis ini bisa membuat frustrasi.

 

#3 Terminal Insomnia

Apakah Anda bangun terlalu awal di pagi hari sebelum Anda mencapai jumlah jam tidur yang cukup? Dalam kasus ini, Anda mengalami terminal insomnia atau disebut juga late insomnia.

 

#4 Intermittent Insomnia

Apakah Anda kadang-kadang mengalami insomnia? Apakah insomnia Anda hanya terjadi selama beberapa hari, dan kemudian tidak lagi?

Jika ya, maka Anda mengalami kategori insomnia yang paling umum dan banyak dialami orang lainnya. Intermittent insomnia biasanya timbul saat Anda menghadapi suatu momen tertentu, seperti akan melakukan ujian/tes, presentasi, dll.

 

#5 Chronic Insomnia

Apakah Anda sudah mengalami insomnia selama beberapa minggu? Atau bahkan beberapa bulan? Apakah kadang insomnia itu lenyap namun kambuh lagi beberapa minggu kemudian? Apakah Anda tidak tidur di malam hari lebih dari 1x dalam seminggu?

Inilah chronic insomnia atau insomnia kronis! Para ahli mencurahkan cukup banyak solusi untuk insomnia jenis ini.

 

#6 Severe Insomnia

Apakah Anda tidak tidur sama sekali, lebih dari 3 malam dalam seminggu?

Jika demikian, maka Anda mengalami severe insomnia. Insomnia yang satu ini terjadi saat sistem saraf Anda berada pada keadaan ‘waspada’ untuk alasan tertentu.

Untuk severe insomnia, pemberian obat-obatan merupakan solusi yang bisa dipakai. Pengobatan yang tepat akan membantu memberikan sedikit istirahat agar tubuh dan pikiran Anda bisa pulih seperti sediakala.

Jika Anda juga memiliki kondisi fisik atau mental lainnya yang menyebabkan severe insomnia—seperti kelainan bipolar, depresi serius, kegelisahan, gangguan pernapasan, efek samping obat-obatan—maka inilah waktunya untuk berkonsultasi dengan dokter.

 

#7 Pregnancy Insomnia

Apakah Anda sedang hamil? Sangat mungkin seorang wanita mengalami gangguan tidur ketika sedang mengandung. Insomnia jenis ini kebanyakan disebabkan oleh perubahan psikologi sang ibu yang dramatis dan unik.

Insomnia di masa kehamilan awal biasanya disebabkan oleh perubahan hormon dan emosional. Insomnia di masa kehamilan akhir biasanya disebabkan oleh rasa tidak nyaman akibat ukuran rahim dan perut yang terus membesar.

Ibu mengandung yang mengalami insomnia akan merasakan lelah, letih, lesu dan bahkan frustrasi karena tidur yang nyaman sangat sulit diperoleh.

 

#8 Child and Teen Insomnia

Apakah anak Anda yang masih kecil atau remaja mengalami insomnia?

Penyebab umum insomnia pada anak dan remaja adalah problem mental/emosional (gelisah, depresi, marah, sedih, dll), namun penyebab lainnya bisa juga asma dan alergi, masalah dalam obesitas (seperti sleep apnea) dan kondisi fisik lainnya.

Kurangnya aktivitas fisik dan stimulasi mental yang berlebihan (seperti terlalu lama bermain game) juga dapat menyebabkan insomnia pada anak dan remaja.

 

#9 Menopause Insomnia

Apakah Anda wanita yang mengalami menopause atau pra-menopause? Ada hubungan yang erat antara menopause dan insomnia. Perubahan hormon, emosi, dan fisik dapat menganggu tidur.

 

#10 Nightmare

Apakah mimpi yang menakutkan membuat Anda terbangun di malam hari, dan membuat Anda sulit tidur kembali?

Nightmare atau mimpi buruk sebetulnya tidak digolongkan dalam jenis insomnia, namun dapat menyebabkan masalah bagi tidur di malam hari. Pada orang dewasa, mimpi buruk seringkali berhubungan dengan PTSD (Post Traumatic Stress Disorder), namun dapat juga disebabkan oleh keadaan lainnya.

Mimpi buruk biasanya dialami anak-anak, dan jika terjadi beberapa kali merupakan hal yang normal pada fase anak.

 

#11 Circadian Rhythm Insomnia

Insomnia jenis ini akan terjadi jika Anda sering menggonta-ganti jadwal tidur, sering bepergian melintasi zona waktu, atau kerja di malam hari. Semua aktivitas tersebut dapat mengacaukan jam biologis dalam otak, sehingga diperlukan suasana ‘gelap’ untuk membuatnya ‘disetel’ kembali.

 

Nah, dengan mengenal jenis-jenis insomnia, Anda kini bisa melakukan penanganan yang lebih tepat dan efektif.


BACA JUGA:

7 Fakta Menarik Penyebab Insomnia

Hati- hati, Mikir Kerjaan Saat Jam Tidur Bisa Bikin Insomnia Lho

Bijaklah Menjalani 7 Profesi yang Dapat Mengganggu Tidur Anda

4 Makanan & Minuman Untuk Atasi Insomnia

Sumber : INSOMNIA-FREE.com | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami