Tren Baru Protes Turki Dengan Hening Berdiri

Tren Baru Protes Turki Dengan Hening Berdiri

Lori Official Writer
1959

Seorang seniman Turki memilih untuk melakukan cara baru protes terhadap pemerintah yang akan melakukan proyek pembangunan kembali atas Taman Gezi di Istanbul. Aksi diam berdiri pun dimulai pada Senin (17/6) malam, waktu setempat.

Erdem Gunduz, sang seniman Turki itu, melakukan aksinya dengan berdiri dan diam selama delapan jam sembari menghadap ke arah foto Kemal Ataturk, pendiri Turki modern dan sekuler di Lapangan Taksim Istanbul.

Aksinya tersebut akhirnya diikuti oleh ratusan orang sebelum aparat kepolisian menangkapnya pada Selasa (18/6) dini hari. Bahkan aksi Gunduz ini pun meluas ke kota-kota lain di Turki yang sejak awal bulan ini bergejolak menentang kebijakan pemerintah.

Ia mengatakan bahwa aksi hening ini ia lakukan sebagai langkah simbolis tanpa harus menelan korban yang seperti tiga pekan terakhir ini telah terjadi. Aksi protes ini menjadi inspirasi bagi Turki sebagai bentuk demonstrasi yang lebih baik.

“Saya bukan siapa-siapa.Gagasan ini penting.Inilah perlawanan dengan diam. Saya harap orang akan mulai berfikir apa yang sebenarnya terjadi.” kata Gunduz kepada BBC.

Tren baru protes di Turki ini menjadi pembicaraan hangat di media sosial. Hal ini menjadi babak baru bagi Turki untuk lebih kondusif dalam berdemonstrasi tanpa harus melakukan bentrokan dan menelan korban.

Unjuk rasa dengan bentrokan dan perlawanan terhadap aparat hanya akan memperkeruh situasi. Dengan langkah diam dan hening berdiri yang dilakukan oleh Gunduz, kiranya menginspirasi untuk lebih bijak dalam berdemonstrasi.


Baca Juga:

Hassan Rouhani Hubungan Iran - Amerika Perlu Disembuhkan

Korea Utara Buka Pintu Untuk Amerika Serikat

Kamis ini, Kenaikan BBM akan Diumumkan oleh Pemerintah?

Jelang Kenaikan BBM, Pengendara dan Pengecer Padati SPBU

Bisnis Tetap Maju Tanpa Marketing

Sumber : bbc.co.uk, tempo.co | lori

Ikuti Kami