7 Jurus Jitu Miliki Nilai Jual Untuk Lamar Pekerjaan

Career / 18 June 2013

Kalangan Sendiri

7 Jurus Jitu Miliki Nilai Jual Untuk Lamar Pekerjaan

andreas rumata simanjuntak Official Writer
5828

Rencana pemerintah menaikkan bahan bakar minyak (BBM) diperkirakan berdampak kuat terhadap rendahnya lapangan kerja. Hal ini disebabkan adanya kecenderungan langkah efisiensi ataupun penghematan yang ditempuh para pelaku usaha, akibat meningkatnya biaya produksi.

Ditengah kondisi rendahnya lapangan kerja, sebagai pelamar Anda tentunya harus memiliki keunggulan dibanding orang lain agar Anda direkrut oleh sebuah perusahaan. Salah satu ciri khas profesional yang unggul adalah sanggup memberikan sesuatu yang lebih kepada perusahaan. Selain itu perusahaan akan melihat nilai lebih pada diri Anda jika Anda memiliki sesuatu yang berbeda dengan orang lain.  

Berikut akan dibahas 7 kiat yang membuat Anda memiliki nilai jual untuk masuk ke sebuah perusahaan : 

1. Memperoleh sertifikat

Sertifikat dibutuhkan sebagai pengakuan kalau Anda memang terlatih dan cakap dalam sebuah keterampilan. Keeahlian yang Anda miliki mungkin bisa ‘tidak berguna’ jika tidak diberitahukan secara resmi dan teruji dalam sertifikat. Walaupun Anda merasa sudah terampil dalam kemampuan tertentu, ikutilah pelatihan. Selain mendapatkan sertifikatnya, Anda juga dapat menambah pengetahuan yang mungkin Anda lewatkan saat mempelajarinya dulu.

2. Melamar pekerjaan sesuai kualifikasi

Sebaiknya hindari untuk melamar ke perusahaan dan meminta posisi kerja yang sudah jelas tidak Anda kuasai. Lamarlah posisi pekerjaan yang menjadi kulaifikasi Anda sebelumnya. Menjadi seorang profesional yang kurang mengusai pekerjaan, dapat membuat Anda tidak dapat mengembangkan kemampuan. Anda bisa saja didepak dari perusahaan karena hal ini.

3. Memilih pekerjaan sesuai dengan karakter (pribadi)

Profesional yang unggul bukanlah orang-orang unggul dalam segala hal seperti berbicara, memimpin dan melakukan hal-hal yang detil sekaligus. Untuk orang yang kurang suka mengenai hal-hal yang detil, sebaiknya jangan melamar posisi yang menuntut pekerjaan yang menuntut ketelitian. Untuk orang-orang yang kurang berbakat di bidang komunikasi, tentunya tidak boleh dipaksakan melamar bagian yang akan menjadi pembicara nantinya. Profesional unggul selalu punya salah satu karakter kuat yang dimanfaatkan agar efektif dan efisien.

4. Minta bantuan

Mintalah bantuan kepada setiap orang yang tepat untuk memberikan saran dalam membangun profesionalitas Anda. Orang yang Anda tahu memiliki banyak pengalaman kerja dan sukses dalam membangun karirnya bisa Anda minta untuk berbagi informasi tentang bagaimana cara untuk mencapai kesuksesan, kemudian Anda bisa menirunya.

5. Aktif dalam asosiasi profesional

Asosiasi profesional merupakan tempat berkumpulnya orang-orang profesional dalam bidangnya dan membicarakan sesuatu yang tentu profesional juga. Salah satu cara agar Anda bisa aktif dalam asosiasi ini adalah dengan memberikan komentar pada forum asosiasi tersebut. Hal ini akan memberikan kepercayaan diri yang lebih dan membuka kesempatan memiliki koneksi yang lebih banyak untuk meningkatkan nilai lebih Anda.

6. Menambah keahlian

Jangan puas dengan diri Anda sekarang, terus tingkatkan kemampuan diri Anda. Sebagai contoh, jika Anda sebelumnya sudah menguasai bahasa Inggris, ambillah pelatihan-pelatihan untuk menambah keahlian bahasa lainnya seperti bahasa Mandarin dll. Memiliki banyak kemampuan dari pelatihan-pelatihan yang menunjang pekerjaan tentu akan membuat diri Anda semakin berdaya jual tinggi.

7. Berani menjual diri

Siapa pun boleh mengatakan bahwa dirinya adalah yang terbaik di bidang tertentu. Tetapi jika orang lain tidak tahu, siapa yang akan menggunakan jasa atau keahliannya itu? Jadi, beranilah berbicara mengenai kemampuan dan keahlian diri sendiri. Menurut bebrapa orang, jika Anda tidak mau branding (memasarkan diri), Anda bisa saja tidak menarik hati perusahaan apapun.

Banyak saran tentang bagaimana cara yang tepat agar mudah lolos dalam test pekerjaan. Namun, salah satu faktor kunci agar Anda masuk ke sebuah perusahaan yang Anda impikan adalah memiliki nilai lebih dan tentunya mahir dalam kemampuan tersebut. Selamat mencari pekerjaan.


Baca Juga :

Magang Pada Masa Liburan Siapkan Anda Menuju Dunia Kerja

Tips Hemat di Tempat Kerja

Tips Liburan ala Backpacker

 


Sumber : berbagai sumber / andre
Halaman :
1

Ikuti Kami