4 Makanan & Minuman Untuk Atasi Insomnia
Sumber: Google

Gizi & Nutrisi / 17 June 2013

Kalangan Sendiri

4 Makanan & Minuman Untuk Atasi Insomnia

Puji Astuti Official Writer
9239

Kekurangan tidur dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari menurunnya kondisi mental dan juga fisik. Masalah kesulitan tidur pada tingkat akut disebut insomnia, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah karena berkurangnya hormon melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur dan bangun manusia.

Insomnia sering dialami oleh mereka yang telah berusia lanjut, namun tidak jarang mereka yang masih berusia produktif juga mengalaminya. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah menambah jumlah melatonin, hal ini bisa di dapat melalui makanan tertentu.

Buah Cherry

Buah cherry yang merah sering kita lihat sebagai penghias kue, namun buah yang satu ini tidak terlalu dikenal di Indonesia sebagai makanan yang berkhasiat untuk membantu mengatasi insonia. Buah cherry mengandung hormone serotonin yang memberikan efek relaksasi dan membantu cepat tidur. Cara mengkonsumsinya cukup sederhana, yaitu dengan membuat jus dengan buah cherry ini Anda juga bisa menambahkan buah lain seperti apel atau nanas.

Minum teh

Beberapa jenis teh juga dipercaya dapat mempercepat tidur, seperti teh chamomile dan akar valerian. Biasanya teh chamomile dapat memberi efek relaksasi pada otot.

Daging kalkun

Daging kankun mengandung trytophan, asam amino yang diperlukan oleh tubuh untuk memproduksi serotonin. Daging kalkun sangat populer di Amerika terutama menjadi sajian saat hari Thanksgiving. Cara penyajiannya bisa dengan dipanggang.

Gandum utuh

Makanan yang mengandung gandum utuh juga sangat baik untuk pencernaan namun ternyata juga baik untuk siklus tidur kita, karena mengandung trytophan juga. Untuk itu makanlah satu jam sebelum tidur roti gandum, atau sereal dan oatmeal.

Selain itu, minuman yang mengandung kafein dan alkohol harus dihindari saat menjelang tidur. Kafein tentu saja dapat membuat Anda sulit tidur,  untuk itu aturlah waktu yang tepat untuk minuman seperti kopi, coklat, dan teh yang pekat. Juga jangan terlalu banyak makan saat malam hari, karena hal itu akan membuat perut Anda terasa tidak nyaman. Direkomendasikan makan malam tidak lebih dari 600 kalori, jika merasa kurang baru bisa makan makanan ringan seperti kacang almond.

Baca juga artikel lainnya :

Buang Jauh-Jauh Imsonia Anda

Sulit Tidur Jadi Beban Buat Saya

Jangan Biarkan Gangguan Tidur Si Kecil

Ada Apa Dengan Anak Dan Remaja Di Usia 4-14 Tahun?

Sumber : Berbagai sumber | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami