Mengenal Jenis-jenis Jerawat
Sumber: sebatas.com

Info Sehat / 16 June 2013

Kalangan Sendiri

Mengenal Jenis-jenis Jerawat

Lori Official Writer
19604

Salah dalam memberi pengobatan terhadap jerawat liar yang memenuhi kulit wajah justru akan semakin memperburuk masalah wajah anda. Untuk itu dibutuhkan pengetahuan tentang jenis jerawat di wajah anda dan memberi pengobatan yang sesuai dengan yang dibutuhkan wajah.

Timbulnya jerawat, menurut para pakar kulit disebabkan karena pori-pori tersumbat sehingga minyak/sebum, sel kulit mati dan bakteri mengendap dibawah lapisan kulit luar. Wajah yang berminyak sangat  rentan dengan tumbuhnya jerawat.

Untuk mengatasi masalah jerawat di wajah anda, beberapa info seputar jenis jerawat mungkin akan  membantu anda. Berikut uraiannya:

#Komedo

Biasanya komedo terletak diarea hidung dan dagu. Komedo ini terdiri dari dua jenis yaitu komedo putih dan hitam.

Komedo putih terjadi akibat pori-pori tertutup, sehingga minyak, bakteri dan sel kulit mati tak dapat keluar. Akibatnya bintik-bintik putih muncul dipermukaan kulit.

Sementara itu, komedo hitam timbul akibat pori-pori yang tersumbat sebagian sehingga menghambat keluarnya minyak,bakteri dan sel kulit mati.Warna hitamnya merupakan melanin atau pigmen kulit yang sudah teroksidasi.

#Papula

Jerawat jenis ini biasanya jerawat yang bertekstur lunak, kemerahan(pink) dan tumpul. Dianjurkan untuk tidak memencet jerawat ini karena hanya akan meninggalkan bekas di wajah. Biasanya jerawat ini timbul di bagian dahi dan pipi.

#Pustule

Pustule merupakan jenis jerawat yang berbentuk benjolan kecil merah meradaang dan bernanah berwarna putih atau kuning. Penggunaan zat kimia berupa kosmetik wajah merupakan penyebab jerawat jenis ini. Dianjurkan untuk membersihkan kulit wajah setelah penggunaan kosmetik.

#Nodul

Nodul adalah jenis jerawat yang tergolong parah. Ciri-ciri dari jerawat ini seperti rasa nyeri dibagian jerawat yang bisa sampai berbulan-bulan, benjolan keras di bawah kulit dan mudah kambuh. Berkonsultasilah ke Dokter untuk mengurangi bengkak dan bekas luka yang diakibatkannya.

#Jerawat Batu

Jerawat ini besar dan bernanah, rasa nyeri juga akan dirasakan. Sedikit mirip dengan nobula, tidak dapat dipencet karena akan menyebabkan infeksi yang nyeri, meninggalkan bekas yang dalam. Dengan sutikan kortison diharapkan mengurangi bengkak dan mencegah bekas luka.

#Jerawat Rosacea

Jerawat ini merupakan jenis yang banyak dialami yang berusia 30 tahun ke atas. Kenali jerawat ini dengan ciri-ciri seperti muncul di pipi, hidung, dahi dan dagu. Rosacea juga adalah jenis jerawat yang cukup parah sehingga membutuhkan pengobatan khusus dari dokter kulit.

#Jerawat Conglobata

Jenis jerawat ini merupakan jenis yang paling parah dari keseluruhan jenis jerawat lainnnya. Jerawat ini merupakan paduan antara jerawat batu, pustula dan bering. Salah dalam penanganannya akan menyebabkan infeksi bakteri yang parah.

Kenali jerawat ini dengan ciri-ciri seperti timbul di daerah wajah, dada, punggung, bokong, lengan atas dan paha. Biasanya dialami oleh usia 18-30 tahun terutama perempuan.

Dari jenis-jenis jerawat di atas, mana jenis jerawat yang sering timbul di wajah anda?


Baca Juga:

5 Mitos Tentang Jerawat Yang Berbahaya

Resep Basmi Jerawat yang Bisa Dipraktekkan di Rumah

Tanya Jawab Kanker Serviks

Cara-cara untuk Minimalkan Kanker Serviks

Sumber : kompas.com | jawaban.com | lori
Halaman :
1

Ikuti Kami