Militan Suriah Eksekusi Remaja Didepan Umum

Nasional / 14 June 2013

Kalangan Sendiri

Militan Suriah Eksekusi Remaja Didepan Umum

daniel.tanamal Official Writer
3641

Warga Kota Allepo Suriah dikejutkan oleh sebuah tindakan pengecut yang dilakukan kelompok militan di Suriah yang mengatasnamakan agama. Kelompok itu mengeksekusi seorang remaja di depan umum dengan tuduhan menghina Islam. Warga pun mengecam tindakan tersebut.

Remaja berumur 14 tahun itu bernama Muhammad al-Qatta. Saat itu dirinya sedang bekerja di warung milik keluarganya ketika sekelompok pria mendekati dan langsung menyeretnya.  “Dia menolak memberikan mereka secangkir kopi gratis. Dia berkata jika Nabi Muhammad ada di depan dia sekarang, dia juga tidak akan memberikannya kopi gratis,” ujar ayah Qatta, dikutip New York Times, Rabu (12/6).

Perkataan tersebut ternyata menyinggung para militant yang langsung menuduh al-Qatta telah menghinakan Islam. Mereka langsung membawa Qatta ke tengah jalan dan menodongkan pistol ke kepalanya. “Mereka memanggil warga untuk berkumpul. Mereka menyerukan orang yang menghina Islam akan menerima hukumannya. Saya lalu mendengar suara tembakan,” cerita sang ayah.
 
Masyarakat setempat segera bereaksi. Mereka menganggap eksekusi Qatta sebagai pembunuhan keji yang sama dengan intelijen Pemerintah Suriah yang suka menyiksa warga. “Membunuh seorang remaja, apapun alasannya tetaplah sebuah pembunuhan,” ujar tetangga Qatta, abu Abdo.

Segera setelah kejadian itu, pihak koalisi oposisi Suriah langsung menjaga jarak dari eksekusi tersebut. Mereka menyebut pembunuhan Qatta sebagai pelanggaran HAM. Kelompok militant tersebut memang bergerak terpisah dari koalisi oposisi. Mereka tergabung dengan Front al Nusra yang berafiliasi dengan Al Qaeda.

Sejak dahulu, perang yang berlangsung atas nama kekuasaan dan kepentingan kelompok selalu memakan korban, dimana banyak para anak-anak dan wanita yang tewas.

Pemimpin dunia pun hanya bisa mengecam dan kerap terlambat untuk bisa mencegah hal itu terjadi dikemudian hari. Kejadian seperti akan terus terjadi jika setiap pribadi tidak mempunyai kasih dan kesadaran untuk hidup saling berdampingan.

 


Sumber : Okezone
Halaman :
1

Ikuti Kami