Do And Don't Untuk Jerawat
Sumber: thinkstock

Fit & Charming / 14 June 2013

Kalangan Sendiri

Do And Don't Untuk Jerawat

Lois Official Writer
7563

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum dialami, terutama pada remaja. Namun, biasanya wanita juga mengalaminya saat menstruasi maupun masa kehamilan. Saat si bintik merah ini muncul, rasa risih pun muncul dan ingin sesegera mungkin menyingkirkannya. Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan agar si pengganggu ini dapat pergi segera tanpa meninggalkan jejak di wajah. Ini dia ulasannya :


DO

Pakailah Kulit Jeruk. Kulit jeruk dapat menyeimbangkan produksi minyak pada kulit, sehingga membuat kulit menjadi halus dan lembut. Kulit jeruk juga berperan sebagai exfoliator alami yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan komedo sehingga kulit semakin bersinar. Karena itu, kulit jeruk juga sangat baik untuk mengatasi jerawat.

Bersihkan Make-Up Sebelum Tidur. Make-up dapat memblok pori-pori kulit sehingga menghalangi aliran alami sebum, yaitu minyak alami kulit, yang menjaga kulit tetap lembab. Ketika pori-pori tersumbat, sel-sel kulit kering cenderung menempel pada pori-pori sehingga terjadi infeksi seperti jerawat, komedo, kulit kering, dan lainnya.

Gaya Makan yang Benar, Bisa Usir Jerawat. Kurangi asupan makanan olahan secara keseluruhan, makan lebih banyak makanan yang kaya omega-3 seperti sarden, biji rami dan kenari. Ganti roti putih dan pasta dengan roti atau pasta gandum yang memiliki indeks glikemik lebih rendah.


DON’T

Jangan Dipencet. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), memencet jerawat dapat menimbulkan jaringan parut. Jauhkan tangan dari wajah karena minyak dan kotoran di tangan bisa membuat jerawat lebih buruk.

Jangan Pakai Kosmetik Kadaluarsa. Perangkat ‘wajib’ bagi wanita ini harus diperhatikan tanggal kadaluarsanya karena bisa membahayakan kesehatan kulit wajah. Jangan merasa sayang membuangnya jika memang sudah kadaluarsa.

Kurangi Konsumsi Susu dan Kacang. Studi mengungkapkan, mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemi (glycaemic index atau GI) tinggi hanya memperburuk jerawat, bahkan memicu timbulnya jerawat. Karena itu hindari susu, kacang, dan makanan berindex GI tinggi lainnya. Makan ikan dapat mencegah timbulnya jerawat.

Wajah merupakan aset berharga meskipun bukan yang paling berharga. Wajah yang terlihat bersih dan cerah tentu menjadi dambaan kita semua. Perhatikan do and don’t di atas maka jerawat pun akan lari.

Sumber : detik.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami