Menteri Keuangan Pastikan Harga BBM Naik
Sumber: perspektifbaru.com

Nasional / 11 June 2013

Kalangan Sendiri

Menteri Keuangan Pastikan Harga BBM Naik

Budhi Marpaung Official Writer
4059

Menteri Keuangan yang belum lama ini dilantik oleh Presiden Republik Indonesia, M. Chatib Basri menampik adanya kabar yang beredar di kalangan investor asing mengenai pembatalan rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Bersubsidi.

"Yang dikuatirkan investor mengenai BBM saya kira ini keliru. Pemerintah sekarang sedang dalam tahap sosialisasi perlindungan sosial. Jadi posisi BBM sudah jelas. Pemerintah akan menaikkan BBM," ujar Chatib Basri sebagaimana dilansir jaringnews, Selasa (11/4).

Dikatakan lebih lanjut oleh Menkeu, data empiris menunjukkan setiap kali ada keputusan menaikkan harga BBM, impor minyak menurun cukup signifikan. Hal ini, ungkapnya, bagus karena dapat memperbaiki neraca perdagangan Indonesia.

"Kita lihat data empirisnya, pada tahun 2005 sekali (naik harga BBM), tahun 2008 naik dua kali, dan setiap kali BBM dinaikkan impor migas mengalami penurunan. Jadi kita bisa mengharapkan Rupiah akan menguat karena neraca perdagangan akan membaik," ucap Chatib Basri.

Mengenai nilai tukar kurs Rupiah terhadap mata uang asing yang belakangan melemah, pria asal Sumatera Barat tersebut menilai itu terjadi semata-mata karena faktor eksternal, khususnya adanya perkembangan terbaru pada perekonomian AS.

"Pada hari ini hampir di semua wilayah, mulai dari Hang Seng, Nikkei, di Singapura mau pun Thailand, indeks harga sahamnya turun cukup dalam dan ini berpengaruh kepada Rupiah," jelas dia.

Chatib menegaskan kenaikkan harga baru BBM bersubsidi baru akan digulirkan oleh pemerintah begitu proses pembahasan RAPBN-P 2013 selesai.

Terlepas kapan waktu tepatnya harga BBM bersubsidi naik, sudah sepatutnya kita mempersiapkan diri sejak sekarang. Melakukan penganggaran ulang keuangan dan mencari penghasilan tambahan adalah langkah sederhana yang bisa kita kerjakan. Jangan panik, karena Tuhan pasti memberikan hikmat bagi kita untuk bisa menghadapi kondisi ini.  

Baca juga : 

Sosialisasi Harga Baru BBM, Dari TV Sampai Komik

Piala Konfederasi 2013 : Profil Timnas Nigeria  

Thread Forum JC : Kenapa Mau Ibadah Dilarang ?

Kisah Nyata Evalia Novita, Wanita yang Dikejar-Kejar Utang

Paris Jackson Lakukan Aksi Percobaan Bunuh Diri

Sumber : jaringnews.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami