Nick Friedman, Awali Bisnis Waralaba di Kampus
Sumber: smallbusiness.aol.com

Career / 6 June 2013

Kalangan Sendiri

Nick Friedman, Awali Bisnis Waralaba di Kampus

Budhi Marpaung Official Writer
5256

Belum banyak orang yang tergiur dengan usaha waralaba, padahal usaha ini cukup menjanjikan bagi siapa pun yang melakukannya. Salah satu orang yang sukses menjalankan hal ini adalah Nick Friedman. Dia adalah pendiri College Hunks Hauling Junk, sebuah usaha waralaba yang bergerak di bidang jasa pengangkutan barang-barang yang tidak berguna di rumah.  

Hanya dalam jangka waktu dua tahun, perusahaan jasa pengangkut barang bekas Friedman sudah mempekerjakan lebih dari 100 pelajar dan memperkirakan penjualan sampai $10 juta pada tahun ini. Pada umur 26 tahun, Nick Friedman mendapat penghargaan sebagai pewaralaba termuda di Amerika, setelah secara sukses mewaralaba usahanya di Pomona College pada 2004.

“Mungkin bila kami membuka usaha ini sendiri akan membutuhkan dana $100,000 untuk setiap tempat yang sekarang dioperasikan,” ujar Friedman. “Tetapi dengan mewaralaba, memberikan kita suntikan modal setiap orang membeli waralaba dari kita.”

Dengan dibantu Omar Saliman, rekan semasa kuliahnya di Miami, Friedman membuka 20 waralaba baru lintas negara AS kurang dari dua tahun. “Membuat sukses waralaba Anda kali pertama sangatlah sulit, seperti kita berada dalam  sebuah ujian lompatan iman,” ujarnya. “Jadi untuk menjual konsep Anda, Anda harus memiliki beberapa kredibilitas.”

Bagi Friedman, kredibilitas perusahaanya didapat adalah ketika dia dapat merebut pasar bisnis di dalam kampus. Menurutnya, bila dia sudah mendapatkan kepercayaan dari para mahasiswa dan dosen maka otomatis kelangsungan bisnisnya akan berjalan.

“Daripada kita meminta bantuan seorang konsultan keuangan dengan tarif yang besar, seorang profesor dapat memberikan masukan yang berguna” tambah Friedman. “Untuk pemasaran, kita dapat memberdayagunakan mahasiswa dari jurusan public relations atau pemograman komputer yang tidak terlalu memusingkan gaji yang besar.”

Friedman membuka rahasia bahwa dia pun menjual pertama kali waralaba usahanya di lingkungan kampus.

"Cari sesama mahasiswa yang mempunyai kepentingan dalam bisnis tapi tidak ingin memulai sesuatu dari awal," katanya. "Saya kira sekarang, orang tua lebih mendukung dan bersedia memberikan dananya untuk membantu meluncurkan waralaba."

Tidak sulit bukan berbisnis waralaba; jika Nick Friedman bisa, Anda pun bisa.

Baca juga :

Beragam Peluang Bisnis Layanan Kesehatan

Meski Dikecam, Kampus Ini Tetap Tidak Terima Karyawan GLBT

Thread Forum JC : Tips Menjadi Pengusaha atau Pemilik Bisnis 

Jadwal Pertandingan Piala Konfederasi FIFA 2013

Pembalut Herbal Ampuh Cegah Kanker Serviks

Sumber : entrepreneur.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami