Ketua PGI : Pancasila Adalah Indonesia

Ketua PGI : Pancasila Adalah Indonesia

Budhi Marpaung Official Writer
3490

Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia, Pendeta Andreas Anaguru Yewangoe menyayangkan nasib Pancasila yang terlihat diabaikan oleh masyarakat pasca reformasi 1998 silam. Menurutnya, hal ini tak seharusnya terjadi karena Pancasila adalah bagian dari Indonesia yang masyarakatnya majemuk dan begitupun sebaliknya.

“Bagi saya Pancasila adalah Indonesia dan sebaliknya Indonesia adalah Pancasila. Di dalam Pancasilalah rasa dan semangat kebangsaan kita direfleksikan. Kalau tidak ada lagi, maka dengan sendirinya elan kebangsaan mati, sama seperti pelita kehabisan minyak, demikian juga Indonesia” ujar ujar Yewangoe di Jakarta Timur, Sabtu (1/6).

“Indonesia yang majemuk akan pecah berantakan. Silahkan menerapkan ideologi lain selain Pancasila, maka Indonesia yang kita peroleh bukan lagi yang dicita-citakan para pendiri bangsa” sambungnya.

Pria asal Nusa Tenggara Timur ini berpendapat seharusnya masyarakat jangan menyamakan kegagalan orde baru dengan kegagalan Pancasila. Pasalnya, rezim yang dipimpin oleh Soeharto waktu itu telah memperalat Pancasila guna mempertahankan kekuasaannya yang otoriter. Jadi dasar negara kita ini menjadi kaku, yang padahal tidak seperti itu.

Menghilangkan Pancasila dari kehidupan berbangsa sama halnya dengan menghancurkan negeri ini. Jika tidak mau nama Indonesia menjadi sebuah sejarah ke depannya maka setiap kita harus berjuang terus mempertahankan Pancasila tetap ada di Nusantara.

Baca juga :

Ketua PGI : Jangan Jadikan Caleg Tempat Cari Kerja

Ketum PGI : Gereja Jangan Terjebak Dalam Politik Praktis

Forum JC : Jadilah "Provokator" Komentar yang Positif dan Inspiratif ! (Lomba)  

Tips-Tips Mencegah dan Mengatasi Gejala Alzheimer

Kisah Nyata Wanita yang Dihantui Suara Kematian

 

 

Sumber : pgi.or.id / budhianto marpaung

Ikuti Kami