Penderita Alzheimer Cenderung Tiru Emosi Sekelilingnya

Psikologi / 1 June 2013

Kalangan Sendiri

Penderita Alzheimer Cenderung Tiru Emosi Sekelilingnya

daniel.tanamal Official Writer
2561

Ternyata penderita Alzheimer atau masalah ingatan cenderung menirukan emosi dan mimik wajah orang di sekitarnya. Proses meniru ini dikenal sebagai 'emotional contagion' dan biasa terjadi pada orang yang memiliki masalah mental.

Fakta ini ditemukan dalam penelitian terbaru yang dilakukan para peneliti di University of California, San Fransisco (USCF). "Rasa tenang memicu rasa tenang," jelas Dr Sam Gandy, direktur Mount Sinai Alzheimer's Disease Research Center, New York City, seperti dilansir oleh US News (28/05).

Emotional contagion adalah bentuk dasar dari empati yang membuat seseorang bisa berbagi pengalaman dan emosi orang lain. Pada tahap awal Alzheimer atau orang yang mengalami masalah mental dan ingatan, emotional contagion atau proses meniru emosi orang lain di sekitar mereka ini semakin meningkat.

Kecenderungan meniru ini bahkan lebih terlihat pada orang yang mengalami demensia. "Pada penyakit Alzheimer dan demensia kami berpikir bahwa beberapa orang mengalami peningkatan sensitivitas pada emosi orang lain. Ketika kesehatan dan kemampuan mental mereka menurun, proses pengenalan emosi dan sensitivitas semakin meningkat," ungkap Sturm.

Penelitian ini dilakukan pada 237 orang dewasa yang memiliki penyakit Alzheimer dan masalah otak. Diketahui bahwa kecenderungan meniru emosi ini semakin meningkat bersamaan dengan bertambahnya kerusakan pada otak dan sistem saraf.

 

 


Sumber : Merdeka.com
Halaman :
1

Ikuti Kami