Ide, Investasi Miliaran Dolar Yang Tak Terlihat
Sumber: inventionmachine.com

Investment / 22 May 2013

Kalangan Sendiri

Ide, Investasi Miliaran Dolar Yang Tak Terlihat

Puji Astuti Official Writer
5974

Ide, bagi sebagian orang hal ini bisa berharga sangat mahal namun tanpa dieksekusi sebuah ide bukanlah apa-apa. Untuk menjadi orang yang sukses, Anda tidak harus menjadi orang yang jenius dengan segudang ide yang brilian. Untuk sukses, Anda harus menjadi pribadi yang tahu mengejawantahkan ide menjadi sebuah kenyataan.

Tahukah Anda bahwa seutas benang yang ditarik diantara gigi bisa menghasilkan miliaran dolar? Ya, itulah dental floss. Anda bahkan bisa menghasilkan miliaran dolar hanya dengan mengumpulkan kisah-kisah orang lain, itulah Chicken Soup For The Soul. Jadi, apakah untuk sukses perlu jenius dan juga ahli? Tidak selalu. Namun Anda perlu menjadi seorang yang peka dengan peluang yang ada, dan menjadikan ide sebuah produk yang dibutuhkan oleh pasar.

Dengan jumlah manusia yang mencapai miliaran orang, jangan berharap ide yang Anda pikirkan diam-diam di dalam kamar tanpa seorang pun tahu adalah ide original yang sempurna. Sebuah survei pernah mengungkapkan bahwa satu ide yang sama bisa dipikirkan oleh empat orang ditempat yang berbeda.

Untuk itu, bagaimanakah Anda bisa membuat perbedaan? Jawabannya adalah pada apakah ide itu diwujudkan atau tidak. Contohnya adalah Albert Einstein, dia dianggap pria yang jenius karena menghasilkan ribuan paten atas penemuan-penemuan barunya. Namun hal itu karena dia mempercayai ide-idenya dan tahu cara membuatnya menjadi nyata. Caranya? Jika belajar dari Eisntein, yaitu trial and error, mencoba dan jangan takut gagal.

Untuk memulai eksekusi ide Anda, berikut adalah beberapa langkah yang bisa membantu Anda:

1. Tuliskan ide Anda, ide yang hanya dalam pikiran dan angan-angan akan cepat terlupakan dan menghilang. Cara paling baik adalah menuliskannya, dengan demikian bahkan Anda bisa melakukan pengembangan dengan melihat dimana kelemahannya, apa yang perlu diperbaiki dan menemukan kemungkinan peluang lain dari ide itu.

2. Lakukanlah riset produk, ini sangat penting. Lakukanlah riset untuk produk yang serupa. Ingat, bahwa satu ide minimal bisa dipikirkan oleh 4 orang yang berbeda, dan mungkin saja sudah ada yang membuatnya. Kabar baiknya, untuk setiap paten produk, biasanya sebuah produk harus memiliki perbedaan, ada yang bahkan minimal 10 persen berbeda dari produk yang sudah ada. Jadi, masih ada peluang sekalipun produk serupa sudah ada dipasaran, Anda hanya perlu membuatnya sedikit lebih unik berdasarkan versi Anda.

3. Lakukanlah riset pasar. Hal ini melihat seberapa besar peluang pasar yang ada. Siapa yang akan membeli produk Anda? Seberapa besar upaya yang harus Anda lakukan untuk menjangkau pasar itu? Pasar lokal atau global? Dapatkah kedepannya berkembang menjadi globall?
Dengan menjawab beberapa pertanyaan di atas maka Anda akan menemukan pasar yang spesifik dan pembeli yang menantikan kehadiran realisasi dari ide Anda.

4.Mulailah dengan apa yang Anda bisa, keluarkan modal yang Anda punya. Jika sudah berbentuk, maka investor yang melihat peluang pasti mau menggelontorkan dana untuk mendukung Anda. Jika tidak pun, masih ada banyak cara untuk mencari dukungan modal.

Jika Anda merasa rumit dan sulit untuk mewujudkan ide Anda, ingatlah Einstein, dia mencoba ribuan kali hingga akhirnya bisa mewujudkan bola lampu yang mengubah kehidupan di dunia ini. Anda dan saya tidak berbeda dengan Einstein, yang membedakan kita hanyalah ketekunan dan kegigihan dalam mewujudkan mimpi dan ide itu hingga menjadi kenyataan. Selamat mencoba, dan sukses menyertai Anda!

Baca juga artikel lainnya :

Sukses Dengan Ide Bisnis "Gila"

Ide Bisnis dan Keberhasilan Bisnis

Investasi Terpenting dalam Hidup

Ciri-ciri Orang yang Dipenuhi Roh Kudus

5 Makanan Wajib Dikonsumsi Untuk Hindari Kanker Payudara

Ayah Anak Ini Kompak Jadi Dampak Buat Bangsa

Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami