Gaya Hidup yang Sebaiknya Dijalani Penderita Lupus

Info Sehat / 16 May 2013

Kalangan Sendiri

Gaya Hidup yang Sebaiknya Dijalani Penderita Lupus

Yenny Kartika Official Writer
8457

Seperti apa lupus itu? Jika Anda menderita lupus, sistem imunitas tubuh Anda menyerang sel-sel dan jaringan yang sehat secara tidak sengaja. Hal ini menyebabkan kerusakan pada sendi, kulit, pembuluh darah dan organ-organ. Ada banyak jenis lupus. Jenis paling umum adalah systemic lupus erythematosus, yang berdampak pada sejumlah bagian tubuh. Discoid lupus menyebabkan timbulnya ruam-ruam pada kulit yang tidak bisa hilang. Subacute cutaneous lupus menyebabkan kulit terasa pedih setelah terkena sinar matahari. Jenis lupus lainnya bisa jadi ditimbulkan oleh obat-batan. Neonatal lupus biasanya menimpa bayi yang baru lahir, namun jenis ini jarang terjadi.

Siapapun dapat terkena lupus, namun wanita adalah yang paling berisiko. Lupus juga sering melanda wanita keturunan Afro-Amerika, Hispanik, Asia, dan Indian (Amerika pribumi). Penyebab lupus tidak diketahui.

Beberapa gejala lupus yang umum adalah sebagai berikut:

-nyeri sendi atau pembengkakan

-nyeri otot

-demam tanpa sebab yang jelas

-kelelahan

-ruam-ruam merah pada kulit, biasanya di wajah (disebut juga “ruam kupu-kupu atau butterfly rash”)

Untuk mendiagnosa penyakit lupus, biasanya diperlukan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Sampai saat ini lupus belum bisa disembuhkan, namun obat-obatan dan pengaturan gaya hidup dapat membantu mengendalikan penyakit ini.

Berikut ini gaya hidup yang sebaiknya dilakukan penderita lupus:

-Istirahat secukupnya. Mereka yang memiliki lupus seringkali merasakan kelelahan terus-menerus yang berbeda dengan kelelahan pada umumnya yang tidak memerlukan istirahat. Tidurlah di malam hari dalam waktu lama, atau, tidurlah di sela-sela rutinitas harian.

-Cari matahari. Sinar ultraviolet dapat memicu ruam pada kulit, oleh karena itu gunakanlah pakaian pelindung seperti topi, pakaian lengan panjang, dan celana panjang. Setiap kali beraktivitas di luar ruangan, pakailah produk tabir surya dengan SPF (sun protection factor) minimal 55.

-Berolahraga teratur. Olahraga membantu penyembuhan ruam, mengurangi resiko penyakit jantung, dan membantu melawan depresi.

-Jangan merokok. Merokok meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular dan dapat memperparah efek lupus pada jantung dan pembuluh darah.

-Makan makanan sehat. Makanan sehat yang dimaksud meliputi buah, sayur, dan gandum utuh. Ada beberapa makanan yang harus dipantang, terutama jika penderita lupus memiliki tekanan darah tinggi, kerusakan ginjal, atau masalah saluran pencernaan.

 

BACA JUGA:

Gizi dan Nutrisi yang Diperlukan Penderita Lupus

10 Manfaat Garam yang Bikin Tubuh Sehat

Penelitian : Junk Food Bikin Suasana Hati Makin Buruk

Kandungan Wanita Ini Selamat Setelah Jatuh ke Sungai

Kisah Terbaik Sepanjang Tahun dalam Satu Keping DVD

Ketika Cinta Tak Direspon Seperti yang Diharapkan


Sumber : MEDLINE PLUS | MAYO CLINIC | YK
Halaman :
1

Ikuti Kami