Pertemuan Gereja Tidak Bisa Dikesampingkan
Sumber: www.dw.de

Internasional / 5 May 2013

Kalangan Sendiri

Pertemuan Gereja Tidak Bisa Dikesampingkan

Budhi Marpaung Official Writer
3501

Di masa dimana smartphone dan internet sedang berkembang pesat, "Perlu orang-orang saling bertemu, mengalami bersama-sama," demikian ungkap Ketua Pertemuan Gereja Protestan (Evangelischer Kirchentag) Jerman Gerhard Roberts di Hamburg, Jerman, baru-baru ini.

Oleh sebab itu, lanjut Roberts, pertemuan gereja adalah bentuk yang amat modern, bentuk yang tidak bisa dikesampingkan.  

Untuk diketahui, sejak 1 Mei 2013 lalu hingga 5 Mei 2013 Gereja-Gereja Protestan di Jerman mengadakan pertemuan di kota di tepi Sungai Elbe Hamburg. Adapun kegiatan tahunan ke-34 ini menarik lebih dari 100 ribu peserta.

Panitia Pertemuan Gereja Protestan (Evangelischer Kirchentag) sudah menyiapkan sekitar 2500 acara mulai dari kebaktian sampai pendalaman Kitab Suci, dari diskusi politik sampai acara budaya.

Sejumlah tokoh politik dan selebritis hadir di sana, diantaranya Presiden Jerman Joachim Gauck, Kanselir Jerman Angela Markel, dan kandidat kanselir Jerman Peer Steinbrück.

Menanggapi penyelenggaraan Evangelischer Kirchentag, Pakar sosiologi agama Detlef Pollack mengatakan, brang-orang tidak mengharap dari Gereja pernyataan-pernyataan politis, "melainkan bahwa pesannya disampaikan sesuai jaman dan dengan kehidupan, modern.”

Selain itu, Gereja seharusnya ada untuk mereka yang miskin, lemah dan terkucil. "Jika menyangkut bahwa Gereja turut campur secara politis," ucap Pollack, "orang-orang lebih mempercayai institusi lainnya, seperti partai dan parlemen lebih daripada Gereja."

Menjadi jawaban atas persoalan-persoalan yang terjadi di sekitar adalah satu hal yang tidak boleh dilupakan, tetapi di satu sisi berkumpul sebagai satu tubuh Kristus juga hal yang penting. Jangan kita mengotak-otakkannya. Buatlah kedua hal ini menjadi sinergis sehingga kita sungguh dikenal sebagai murid Kristus di bumi.

Baca juga :

Pendeta Suriah : Pertempuran Semakin Dekat Dengan Gereja

Paus Fransiskus Ajak Gereja Perangi Pelecehan Seksual

Mendagri Ajak Foke dan Jokowi Sukseskan Pilgub DKI Jakarta 2012

Tweet-an Agnes Monica Tentang Kedatangan Siwon Suju

Jokowi-Basuki Tak Setuju Pelaksanaan UN

Sumber : dw.de / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami