5 Caleg Kontroversial yang Mau Tampuk Pemerintahan

5 Caleg Kontroversial yang Mau Tampuk Pemerintahan

Lois Official Writer
4155

Setiap lima tahun, warga negara Indonesia berhak memilih calon presiden unggulannya. Selain itu, setiap warga juga berhak untuk dipilih, yang artinya dapat mencalonkan diri sebagai calon presiden atau juga sebagai anggota legislatif, meskipun pernah menimbulkan berbagai kontroversi. Misalnya saja, seorang mantan narapidana bisa melamar jadi anggota legislatif, asalkan harus istirahat dulu lima tahun baru bisa maju, menurut Ketua MK, Akil Mochtar. Saat ini, ada lima orang yang kontroversial namun tetap mencalonkan diri sebagai anggota presiden, yaitu :

Nazaruddin Syamsuddin

Dia seorang mantan ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) sekaligus terpidana kasus korupsi. “Pak Nazaruddin Syamsuddin memang mantan napi. Tetapi kan dia sudah menjalani hukuman, dan masalahnya sudah terjadi lebih dari lima tahun lalu,” ujar BM Wibowo, Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang, partai tempat Nazaruddin mencalonkan diri sebagai anggota legislatif.

“Kalau sudah lewat masanya kan boleh daftar. Kalau soal korupsinya waktu itu juga terkait masalah politik. Kan cuma Rp 2 miliar korupsinya. Tetapi soal keputusannya nanti, gimana KPU sajalah,” ujarnya lagi.

Aceng Fikri

Kasusnya sempat mencuat akibat talak tiga yang dikeluarkannya kepada seorang wanita yang baru dinikahinya selama empat hari. Pernah gagal jadi caleg Hanura, membuat mantan suami Fany Oktora ini mengambil keputusan melamar menjadi caleg Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Jawa Barat. “Pendaftaran saya kali ini sebagai pengabdian saya kepada masyarakat di ruang manapun dan media apapun,” ujarnya di secretariat Jabar, Minggu (21/4).

Susno Duadji

Mantan Kepala Bareskrim Polri ini bersedia menjadi caleg Partai Bulan Bintang (PBB) untuk Pemilu 2014 dimana dia akan bertarung di daerah pemilihan Jawa Barat. Susno pernah menjadi terpidana 3,5 tahun penjara karena kasus korupsi dana pengamanan Pilkada Jabar dan penanganan perkara PT. Salmah Arowana Lestari. Namun, Susno menolak menjalankan hukuman yang dijatuhkan di tingkat sebelumnya, karena berpendapat putusan kasasi MA tidak mencantumkan perintah penahanan. Hingga kini, eksekusi purnawirawan jenderal bintang masih menjadi perdebatan.

Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas

Meski pernah menyatakan mundur  sebagai anggota DPR dengan alasan ingin fokus mengurus partai, kini dia mencalonkan diri kembali. Menurut Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah sekaligus Ketua Harian Partai Demokrat, Syarief Hasan, alasan pencalonan diri Ibas kembali itu disebabkan karena dia memang potensial dalam menjaring suara.

"Sekjen kami (Ibas) peraih suara terbanyak pada Pemilu 2009. Doakan kami agar Ibas bisa meraih suara terbanyak lagi. Kalau dia tidak daftar jadi caleg, pemilihnya bisa marah," bela Syarif dalam jumpa pers usai menyerahkan Daftar Caleg Sementara, di Gedung Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Minggu (21/4).

"Hari ini saya sebagai kader Partai Demokrat kembali dipercaya oleh institusi yang membesarkan saya, untuk kembali dicalonkan sebagai calon anggota DPR. Insya Allah hal itu akan saya wujudkan, dan saya akan berbuat yang terbaik terhadap masyarakat," kata Ibas di Gedung KPU.

Johnny Indo

Nama ini dulu begitu terkenal di dunia hitam. Kemudian nama inipun merambah ke dunia artis dan masuk ke dunia politik. Johnny Indo saat ini ikut mendaftar sebagai caleg Partai NasDem dari daerah pemilihan Sukabumi. Hal ini diungkapkannya di Gedung KPU, Jakarta, Senin (22/4) kemarin. Dia juga mengatakan menjadi Ketua Bidang Beladiri Baret DPP Partai NasDem, “Saya membawahi olahraga pencak silat,” ujar Johnny. Dulu, Johnny Indo sempat ditahan di LP Nusa Kambangan karena perampokan toko emas di Cikini, sempat melarikan diri namun kembali tertangkap.

Dari berbagai latar belakang masa lalu yang kontroversial mereka maju dan ingin menduduki bagian-bagian legislatif di pemerintahan, baik pusat maupun daerah. Ada yang latar belakangnya luar biasa buruk, namun ada juga yang tidak terlalu kontroversial. Apapun itu, yang pasti kita berharap mereka maju demi kepentingan rakyat, agar rakyat dapat hidup lebih baik lagi.

 

Baca juga :

Wah, 3 Artis Kristen Ini Jadi Caleg 2014

Yayuk Basuki Jadi Caleg Demi Olahraga Indonesia

Jaminan Perlindungan Saat Ujian Kehidupan Menerpa

Trik Hadapi Ujian Dari Anak Laki-Laki

5 Kasus Fobia Unik Menyangkut Kesehatan

Pernah Coba Klepon Kacang Ijo? Ini Resepnya

Memberkati Bisa Melalui Apa Saja, Termasuk Media

Sumber : merdeka by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami