Fobia dapat Disembuhkan dengan Kombinasi Terapis

Psikologi / 20 April 2013

Kalangan Sendiri

Fobia dapat Disembuhkan dengan Kombinasi Terapis

daniel.tanamal Official Writer
3672

Fobia, atau ketakutan akan sesuatu adalah salah satu gangguan psikologis yang dialami oleh banyak orang. Namun sudah ada beberapa langkah untuk menyembuhkannya sehingga penderita fobia bisa mengatasi rasa ketakutannya sendiri.

Dilansir Healthmeupfobia adalah ketakutan yang ditandai dengan munculnya rasa takut akan sesuatu yang terkadang tidak masuk akal. Rasa takut ini bisa berupa cemas akan kehadiran objek atau suatu kondisi seperti ketinggian, atau berada dalam ruang gelap.

Pada beberapa kasus, paparan terhadap hal yang ditakuti bisa memicu keadaan panik pada penderita. Mereka akan cenderung menghindari situasi atau objek yang mereka anggap menakutkan. Ini akan mengarah pada gangguan psikologis dan memengaruhi kemampuan sosialisasi dalam masyarakat.
 
Untuk menyembuhkannya dibutuhkan kombinasi terapi relaksasi dengan tahapan pemberian paparan stimulus fobia, yang akan membantu mengurangi sensitivitas penderita terhadap objek atau situasi yang mereka takuti. Namun terkadang penggunaan obat-obatan juga diperlukan untuk mengatasi rasa cemas berlebihan.

 

 

Sumber : Okezone
Halaman :
1

Ikuti Kami