Benarkah Hipnoterapi, Solusi Tepat Bagi Penderita Fobia ?
Sumber: fitrijoko.com

Solusi Sehat / 17 April 2013

Kalangan Sendiri

Benarkah Hipnoterapi, Solusi Tepat Bagi Penderita Fobia ?

Budhi Marpaung Official Writer
8873

Sejumlah kalangan memercayai bahwa hipnoterapi merupakan solusi bagi mereka yang menderita fobia. Tanpa harus menggunakan obat-obatan atau efek samping adalah salah satu alasan mengapa terapi ini direkomendasi menjadi pilihan mereka jika ada orang-orang yang mengalami ketakutan terhadap sesuatu hal secara berlebihan.

Menjadi pertanyaan sekarang, benarkah dengan  pengobatan hipnoterapi, seseorang dapat benar-benar lepas dari ketakutannya?

Sebelum menjawab hal itu ada baiknya kita mengetahui cara kerja hipnoterapi pada umumnya.

Praktik hipnoterapi biasanya menggunakan kata-kata untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi pasien. Sang hipnoterapis akan meminta kesediaan pasien untuk mengikuti sugesti yang ia tanamkan ke alam bawah sadar pikiran pasien. Jadi, yang difokuskan oleh hipnoterapis adalah alam bawah sadar pikirannya.  

Setidaknya ada 5 cara yang digunakan seorang hipnoterapis untuk masuk ke dalam alam bawah sadar seseorang :

1. Repetisi

2. Identifikasi kelompok atau keluarga

3. Informasi yang disampaikan oleh figur yang dipandang mempunyai otoritas

4. Emosi yang intens

5. Kondisi alfa atau hipnosis

Melihat cara penerapan hipnoterapi diatas maka dapat kita simpulkan bahwa sugesti kata-kata positif lah yang menjadi “obat andalan” sang terapis untuk menyembuhkan seorang yang bermasalah termasuk mereka-mereka yang menderita fobia.

Sekilas tidak ada yang keliru dengan hal ini, tapi jika kita mau mendalami lagi maka ada beberapa alasan mengapa hipnoterapi bukanlah jawaban atas derita ketakutan yang kita alami:

1. Mensugesti diri lewat kata-kata positif tidak akan bertahan lama pada orang tersebut. Menanamkan kata-kata yang positif tak selalu dapat membuat respon kita terhadap ketakutan kita akan senantiasa bagus. Justru, akan ada titik dimana sugesti yang masuk ke pikiran Anda tidak dapat mengatasi ketakutan Anda.

2. Menitikberatkan pengobatan pada alam bawah sadar tak otomatis membuat diri seseorang akan menjadi pribadi yang pemberani baik saat itu atau bahkan dikemudian hari juga. Harus diakui dalam diri manusia terkadang terdapat ketakutan-ketakutan yang begitu besar dan hanya bisa dibantu oleh Tuhan.

Lalu kalau begitu, apakah solusi tepat bagi mereka yang menderita fobia ? jawabannya adalah :

1. Si Penderita Fobia harus menyadari fobia terhadap sesuatu hal adalah salah sehingga ia perlu mengambil mengambil keputusan untuk mengalahkan ketakutannya tersebut.

2. Minta Tuhan untuk membantu Anda mengatasi fobia yang Anda alami. Berdoa dan bacalah Alkitab hari demi hari. Dengan melakukan itu, Anda akan menemukan siapakah diri Anda dan bahkan Anda bakal menemukan cara keluar dari ketakutan-ketakutan berlebihan Anda.

Jadi kesimpulan dari semua yang telah dipaparkan disini adalah bahwa diri Anda dan Tuhan lah yang sanggup menyembuhkan fobia Anda.

Baca juga :

Masih Takut Setan ?

Hasil MotoGP Qatar 2013 :  Lorenzo Pertama, Rossi Kedua

Kenji Michitakasago : Bocah Penuh Penderitaan

Rick Warren: Anakku Bunuh Diri dengan Senapan Ilegal

Pelari Marathon India Baru Pensiun di Usia 101 Tahun

Sumber : berbagai sumber / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami