Ujian Kesabaran Melalui Badai

Kata Alkitab / 16 April 2013

Kalangan Sendiri

Ujian Kesabaran Melalui Badai

daniel.tanamal Official Writer
4104

Persaingan, adalah satu hal yang mengemuka dalam persaingan antar pedagang dalam mencari keuntungan. Dalam sebuah kisah, terdapat puluhan pedagang yang akan menjajakan dagangannya di kota yang lain pulau dengan tempat dimana mereka mempersiapkan dagangan. Jalur laut adalah satu-satunya alat transportasi mereka menuju pulau lain.

Namun di pagi hari itu, saat seluruh pedagang siap menggunakan perahu layar mereka menuju pulau lain, cuaca tampak tidak begitu bersahabat. Mendung dan angin yang kencang terbentang didepan mereka. Tetapi banyak pedagang yang tidak memperdulikan hal itu dan tetap nekat untuk berlayar dengan harapan jika mereka sampai lebih cepat ke pulau yang dipenuhi pasar itu, dagangan mereka akan habis dan tentu akan menguntungkan mereka.

Berbeda dari mereka, hanya ada dua orang pedagang yang memilih untuk berkonsultasi dengan para nelayan yang biasa mencari ikan. Nelayan tersebut memberi saran bahwa mereka berdua harus bersabar karena badai akan segera datang dan kemungkinan akan mengacaukan kapal jika mereka berkeras untuk berlayar. Kedua pedagang inipun menunggu cuaca kembali normal.

Seketika, badai pun terjadi. Hujan dan angin kencang menggulung ombak yang menderu begitu keras. Beberapa jam setelah badai, cuaca pun kembali normal. Kedua pedagang inipun mulai berlayar. Hanya beberapa ratus meter dari bibir pantai, mereka melihat ada beberapa perahu dari para pedagang yang telah berangkat lebih dahulu, kembali dengan kondisi perahu yang porak poranda.

Bahkan ditengah laut, kedua pedagang ini tercengang dengan begitu banyaknya perahu yang karam dan tenggelam. Beberapa pedangang yang perahunya rusak meminta tolong kepada mereka. Mereka pun menyelamatkannya. Sampai di pulau tujuan, situasi pasar sepi dengan pedagang. Hanya merekalah berdua, pedagang yang siap menjajakan dagangan mereka.

Sedangkan para pembeli sudah banyak berkerumun.  Hanya beberapa jam saja, dagangan mereka habis. Senyum gembira mereka terlihat ketika keuntungan berlipat ganda didapatkan. Kesabaran mereka dalam menunggu “saatnya” dalam berlayar justru menjadi berkat tersendiri bagi mereka. Sedangkan para pedagang yang tidak sabaran dan hanya mengejar keuntungan, diterpa badai yang menyusahkan dan merugikan mereka.

 

Sumber : Jawaban.com - Daniel Tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami