Gereja Zambia Tentang Konstitusi Negara Kristen
Sumber: mapsof.net

Internasional / 15 April 2013

Kalangan Sendiri

Gereja Zambia Tentang Konstitusi Negara Kristen

Puji Astuti Official Writer
5444

Zambia, negara yang berada di benua Afrika ini pertama kali mendeklarasikan diri sebagai negara Kristen pada tahun 1991 saat Presiden Frederick Chiluba memimpin untuk periode kedua. Kini negara yang menyatakan dalam konstitusinya sebagai negara Kristen tersebut mendapat tentangan, yang sedikit aneh, tentangan itu berasal dari beberapa induk gereja besar dimana salah satunya adalah Protestan dan Katolik.

Juru bicara Zambia Episcopal Confrence, Paul Samasumo dan beberapa delegasi yang hadir dalam konfrensi untuk membahas masalah konstitusi negara tersebut berargumen bahwa deklarasi Zambia tersebut melanggar hak-hak warga non-Kristen.

Namun hal tersebut dibantah oleh Antonio Mwanza, delegasi dari Forum for Democracy and Development, pasalnya dalam pembukaan konstitusi jelas tertulis bahwa Zambia tidak melarang warganya yang beragama lain untuk menjalankan ibadahnya.

Setelah perdebatan yang sengit dan cukup panjang, delegasi yang hadir akhirnya meminta Profesor Mwanalushi sebagai pemimpin konfrensi tersebut untuk melakukan pemungutan suara sebagai jalan keluar terakhir untuk masalah konstitusi negara tersebut. Pada akhirnya, hasil pemungutan suara cukup mengejutkan, 160 delegasi tetap mendukung konstitusi Zambia sebagai negara Kristen sedangkan , 115 suara yang menyatakan penolakan. Dengan hasil ini, maka Zambia saat ini masih berketetapan sebagai negara republik Kristen di Benua Afrika.

Dengan menyatakan sebagai negara Kristen, tentu bangsa Zambia diharapkan dapat menampakkan terang kasih Kristus baik di tengah-tengah negeri itu maupun di dunia internasional. Diskriminasi dan juga pelanggaran HAM adalah sesuatu yang tidak diharapkan terjadi. Kekuatiran gereja Tuhan yang menentang konstitusi ini bukanlah berniat buruk, sebaliknya harus menjadi cambuk bagi pemerintah dan juga masyarakat agar "negara Kristen" bukan hanya sebagai sebuah label namun benar-benar diimplementasikan dalam setiap sendi-sendi kehidupan negeri itu.

Baca juga artikel lainnya :

7 Kelaparan Terhebat Sepanjang Sejarah

Zambia Juara Piala Afrika 2012

Pasangan ini Langsungkan Pernikahan Gay Secara Tradisional Pertama Di Afrika

Kamu Mengambil Tempatku

Cemburu Pada Pasangan, Bolehkah?

Puji Tuhan! Saya Tidak Menganggur Lagi Setelah SMS ke Konseling Center CBN

Sumber : daily-mail.co.zm | Allafrica.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami