Nicolas Maduro Menangkan Pilpres Venezuela

Nicolas Maduro Menangkan Pilpres Venezuela

daniel.tanamal Official Writer
2193

Venezuela akhirnya resmi mendapatkan presiden baru, setelah melalui pemilihan umum presiden yang digelar Minggu 14 April, kandidat besar pengganti mendiang Hugo Chavez, Nicolas Maduro memenangi suara 50,66 persen. Maduro unggul tipis dari rivalnya dari kubu oposisi Henrique Capriles, yang memperoleh 49,1 persen suara.

"Kemenangan ini merupakan penghargaan yang lain untuk comandante kita, Hugo Chavez. Hari ini kita dapat mengatakan bahwa kita mengantongi kemenangan pemilu yang adil," serunya di depan pendukung yang memenuhi Istana Presiden Miraflores.

Dengan kemenangan ini dapat dipastikan bahwa kebijakan sosialis mantan Presiden Chavez akan terus dijalankan di Venezuela, mengingat Maduro adalah seorang Chavistas (pendukung Chavez) sejati. “Saya telah memenangkan pemilu yang adil, legal, dan konstitusional,” ujarnya dikutip BBC, Senin (15/4/2013).

Maduro dikenal sebagai mantan aktifis perburuhan yang pernah menjadi ketua serikat buruh saat bekerja di sistem metro di Caracas. Dirinya ikut andil menyusun konstitusi saat Chavez berkuasa pada 1999. Mantan sopir bus ini pernah diangkat menjadi menteri luar negeri yang punya peran besar dalam mengambil keputusan penting bagi negaranya kala terlibat konfrontasi dengan Amerika Serikat.

Dijadwalkan, Maduro akan disumpah menjadi Presiden Venezuela pada 19 April mendatang untuk menjabat sebagai pemimpin Negara Amerika Latin itu hingga tahun 2019 mendatang.

 

 


Sumber : Okezone/Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami