7 Kelaparan Terhebat Sepanjang Sejarah
Sumber: AP

Nasional / 14 April 2013

Kalangan Sendiri

7 Kelaparan Terhebat Sepanjang Sejarah

Lois Official Writer
13309

Kelaparan pernah dialami setiap orang. Bahkan tercatat ada beberapa kelaparan terbesar di dunia yang membuat banyak orang menderita. Kelaparan ini disebabkan bukan oleh faktor alam saja, namun juga faktor manusia. Dilansir dari listverse.com, berikut ini lima kelaparan terhebat sepanjang sejarah yang membunuh hingga puluhan juta manusia :

Kelaparan Korea Utara

Hingga kini, Korea Utara sering dilanda kelaparan. Dengan penghasilan Rp 59 ribu per bulan, tentunya warga tidak dapat membeli bahan pangan. Bahkan, tersiar kabar seorang bapak memakan jenazah anaknya karena sangat lapar. Namun, kelaparan terparah terjadi pada kurun waktu 1994-1998 dimana pemimpinnya saat itu Kim Jung Il menempatkan kepentingan militer di atas segala-galanya. Seluruh milik sipil dirampas demi kebutuhan angkatan bersenjata, sehingga 3 juta orang tewas kelaparan.

Kelaparan di Afrika

Saat ini, kelaparan di Afrika pun masih berlangsung. Tahun 2012, Negara-Negara Afrika Barat (ECOWAS) menyatakan bahwa 6 juta orang berisiko kelaparan di wilayah Sahel, Afrika. Menurut laporan terbaru International Food Policy Research Institute (IFPRI), jumlah anak-anak kelaparan di Afrika akan meningkat sebesar 3,3juta pada tahun 2025, artinya total dari keseluruhan anak kelaparan sampai tahun 2025 mencapai 41,9 juta anak.

Kelaparan China 1958-1962

Kelaparan ini murni ulah pemerintah dan pemimpin komunis yang sengaja ingin menghilangkan sebuah populasi yang tidak diinginkan. Kelaparan ini tercatat sebagai kelaparan terburuk. Pemerintah merampas tanah-tanah milik petani pada 1958 dan memaksa mereka dipekerjakan produksi besi dan baja. Kesalahan fatal juga terjadi dengan menerapkan metode penanaman baru yaitu bibit ditanam 3-5 meter di bawah tanah sehingga pertumbuhan benih terganggu karena berdesakan. Ditambah bencana banjir pada 1959 dan kekeringan di tahun selanjutnya, kelaparan ini menyebabkan 43 juta orang meninggal.

Kelaparan Uni Soviet 1932-1933

Pemerintah Uni Soviet yang saat itu dipimpin oleh Joseph Stalin. menanam tanah dengan benih namun penggarapannya kurang maksimal sehingga akhirnya benih tidak dapat tumbuh. Peristiwa ini membunuh sekitar 10 juta orang.

Kelaparan India 1783

Kelaparan yang disebut dengan kelaparan Chalisa ini terjadi di penanggalan Hindu, dikenal dengan Vikram Samvat. Tahun ini India Utara dilanda kekeringan parah, setelah sebelumnya badai El Nino membawa awan hujan hingga curahnya hanya sebentar. Banyak tanaman mati, begitu juga hewan dan manusia. Kelaparan ini membuat 11 juta rakyat India kehilangan nyawanya.

Kelaparan Bengali 1770 dan 1943

Wilayah India ini pernah mengalami kelaparan sehingga menewaskan 17 juta penduduknya. Pada 1770, saat India masih dikuasai Inggris, kekeringan melanda dan menyebabkan pasokan makanan kurang. Inggris menyuruh warga Bengali menanam nila dan candu karena harganya lebih mahal daripada beras sehingga pasokan makanan kurang. Pada 1943, akibat bencana alam dan Perang Dunia II, Bengali kehilangan mitra dagang mereka terbesar yaitu Myanmar. Ditambah bajir besar, sekitar 90 persen lahan pertanian hancur sehingga persediaan makanan tidak ada.

Kelaparan di Mesir dan Sekitarnya

Alkitab pernah mencatat ada 7 tahun kelaparan berturut-turut sehingga seluruh penduduk di Mesir dan sekitarnya sangat menderita. Beruntung ada Yusuf yang mengartikan mimpi Firaun sehingga dia menimbun banyak gandum di masa 7 tahun kesuburan sebelum kelaparan datang. Tidak dikatakan berapa orang yang meninggal akibat kelaparan tersebut, namun Alkitab mencatat kelaparan itu membuat seluruh rakyat Mesir menjadi budak Firaun dan banyak negara-negara tetangga yang datang ke Mesir untuk mendapatkan bahan makanan.

Kelaparan telah menewaskan puluhan juta orang di berbagai belahan dunia. Kebijakan yang salah dari pemimpin, bencana alam, perang, maupun kemelaratan menjadi faktor utama kelaparan. Jika kita pernah diberikan kesempatan merasakan kelaparan, tentu kita tahu cara mengucap syukur saat Tuhan memberkati kita. Jangan lupa untuk memberkati orang lain.

 

Baca juga :

Tunda Bantuan, Puluhan Ribu Orang Kelaparan

Tolong, Makanan Jangan Dibuang-Buang Sementara Kami Kelaparan

Coba Brownies Kacang Hijau dengan Resep Ini Yuk

Kesalahan Orangtua yang Sering Dilakukan

Saat Pengangkatan Orang Terang Terjadi, Bumi Akan Hancur

Cara Alami Turunkan Kolesterol Tanpa Obat

Daniel Mananta Jaim di Twitter

Media yang Mengubahkan Hidup Orang Banyak

Sumber : merdeka by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami